Share

WIKA Incar Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Kamis 18 September 2014 19:51 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 320 1041225 sgGPTzRU4j.jpg WIKA Incar Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Ilustrasi: Okezone)
A A A

JAKARTA - Emiten konstruksi PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) mengincar satu paket proyek pembangunan jalan tol trans Kalimantan yakni tol Balikpapan-Samarinda Kalimantan Timur sepanjang 99,2 kilometer (km)

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Wijaya Karya Bintang Perbowo saat acara Investor Summit and Capital Market Expo (ISCME) 2014, di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Bintang menjelaskan, proyek pembangunan jalan tol tersebut dibagi dalam beberapa paket, WIKA hanya berminat terlibat dalam satu paket pembangunan saja.

"Jalan tol Balikpapan- Samarinda kita ikut, dibagi berapa paket kita ikut salah satu paket tahap pertama kedua ketiga tahap pertama kita ikut tender," jelasnya.

Ditempat yang sama, Direktur Operasi WIKA Destiawan Soewardjono menambahkan, pembangunan jalan tol sepanjang 99,2 Km akan dibagi dalam lima paket, hal ini dilakukan agar pembangunan jalan bebas hambatan tersebut cepat rampung.

"Ya diharapkan satu paket kita dapat," imbuhnya.

Dalam pembangunan jalan tol ini lanjut Destiawan mengungkapkan bahwa dalam membangun 1 km jalan membutuhkan investasi per km. Sehingga untuk 99,2 km membutuhkan dana sekira Rp9 triliun sedangkan dibagi lima paket diperkirakan per paket mencapai Rp1,8 triliun. Sedangkan, untuk dana investasinya berasal dari kas internal.

"Tol itu Rp100 miliar per km, ini lagi proses tender kemarin, kira-kira Rp99 triliunlah tinggal dibagi lima," tutupnya.

Sekedar informasi, jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol yang direncanakan akan menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Pada tanggal 12 Januari 2011, proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,12 km dimulai. Proyek tersebut diresmikan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak. Peresmian ditandai pemancangan batu pertama di kawasan Manggar, Balikpapan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini