Share

Jelang Pensiun, SBY Kunjungi Portugal, AS dan Jepang

Fahmi Firdaus , Okezone · Kamis 18 September 2014 06:36 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 339 1040729
A A A

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober mendatang. Namun, di penghujung pemerintahannya, SBY melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa negara, yaitu Portugal, Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

Kunjungan SBY  pertama adalah ke Lisabon, Portugal yang dilakukan pada tanggal 18-20 September 2014.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kunjungan ke Portugal ini merupakan yang kedua kalinya yang dilakukan seorang Presiden, setelah sebelumnya pada tahun 1960, Presiden Soekarno berkunjung ke negara tersebut," terang Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah dalam keterangannya, Rabu (17/9/2014).

Setelah itu SBY akan melanjutkan rangkaian kunjungan dengan bertolak ke New York pada 20 September 2014.

"Agenda utama kunjungan Presiden ke New York adalah menghadiri Sidang Majelis Umum PBB Ke-69. Dalam Sidang Umum kali ini Presiden akan menyampaikan pidato dalam sesi debat umum sidang tersebut," paparnya.

Selama berada di New York, SBY dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral, antara lain dengan Presiden Meksiko.

"Presiden SBY juga akan bertemu dan berdialog dengan tokoh-tokoh Muslim AS guna membahas perkembangan terkini di dunia Islam, termasuk instabilitas di kawasan Timur Tengah," tegasnya.

Agenda lainnya adalah meresmikan Patung Saraswati di KBRI Washington dan menerima penghargaan dari The United States-Indonesia Society (USINDO).

Rangkaian lawatan SBY, akan ditutup dengan kunjungan ke Kyoto, Jepang. Di sana, Presiden akan menerima gelar Honoris Causa dari Universitas Ritsumeikan.

"Presiden SBY akan bertemu dan bertukar pikiran dengan sahabat-sahabat Indonesia di Jepang. Baik dari kalangan pelaku ekonomi maupun pakar-pakar mengenai kesinambungan upaya membangun hubungan bilateral yang saling menguntungkan antara Indonesia dan Jepang," terangnya.

SBY dan delegasi akan bertolak dari Jepang pada tanggal 30 September dan tiba di Jakarta pada tanggal 1 Oktober 2014 mendatang.(fid)

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini