Share

Truk Berisi Puluhan Kera Diamankan

Batur Parisi , Okezone · Kamis 18 September 2014 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 340 1041259 2lH0hFxNOI.jpg Ilustrasi. Kera hitam Sulawesi (Foto: Antara)
A A A

SERANG - Balai Konservasi Sumber Daya Alam wilayah 1 Serang, Banten, menyita truk pembawa 79 ekor kera asal Sumatera. Kuat dugaan, kera-kera tersebut akan diselundupkan ke Jakarta.

 

Terbongkarnya upaya penyelundupan puluhan kera ini berawal dari pengintaian petugas Balai Besar SDA Serang terhadap truk bernomor polisi BE 9842 VF saat memasuki Pelabuhan Merak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

"Kami sudah memata-matai mereka dan pengintaian itu terus sampai ke Pelabuhan Merak," ujar Kepala Seksi Konservasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah I Serang Andri Ginson kepada wartawan, Kamis (18/9/2014).

 

Aksi kejar-kejaran sempat mewarnai penyergapan oleh petugas. Truk baru terhenti setelah menabrak kontainer di Tol Belaraja Tigaraksa Kabupaten Tangerang.

 

"Karena dalam pengejaran keliatannya sopir tidak konsentrasi membawa mobil, akhirnya terjadi tabrakan. Kecelakaan itu, mengakibatkan sopir dan keneknya mengalami luka cukup parah," terangnya.

 

Kera-kera yang diselundupkan diletakkan dalam boks ditutupi pisang guna mengelabuhi petugas. Cara ini terbilang baru dalam penyelundupan satwa langka tersebut. “Kita menduga kuat puluhan kera ini di jual untuk kebutuhan rumah makan, karena otaknya mengandung gizi,” sebutnya.

 

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku didenda Rp250 juta, lantaran melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999, tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini