Share

Situs Gunung Padang ada Sejak Zaman Nabi Ibrahim

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Kamis 18 September 2014 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 373 1040786 4UB5j2XMd4.jpg Situs Gunung Padang ada Sejak Zaman Nabi Ibrahim (Foto: dok. okezone)
A A A

CIANJUR - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, Situs Gunung Padang sudah ada sejak Zaman Nabi Ibrahim.

Hal itu disampaikan Nuh ketika melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Situs Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 17 September 2014.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kunjungan tersebut bertujuan untuk meresmikan atau deklarasi situs gunung padang sebagai warisan budaya Indonesia, dan mencanangkan pentingnya untuk dilanjutkan.

"Alhamdulillah hari ini bisa meninjau langsung ke situs gunung padang yang diperkirakan sudah ada pada ribuan tahun sebelum masehi (SM)," ujar M Nuh, dalam kunjungan kerjanya di Situs Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (17/9/2014).

M Nuh melanjutkan, untuk membuktikan warisan budaya dan peradaban Indonesia, terdiri dari tiga fase, yaitu penelitian, konservasi dan promosi.

"Untuk fase penelitian yang harus dikedepankan adalah hipotesis akademik. Memang dalam penelitian ada dugaan-dugaan untuk membuktikan, sehingga nanti secara penelitian terbukti dan teruji bahwa situs gunung padang sudah ada pada ribuan tahun," ucap mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.

Kemudian, lanjut M Nuh, masuk pada fase kedua yaitu konservasi dan berlanjut pada fase ketiga yakni promosi.

"Oleh karena itu, kenapa dilibatkan TNI karena mereka komitmen untuk membantu bahwa di sini ada peninggalan sejarah yang luar biasa dari substansi para ahli geologi. Di penelitian ada unsur kejelasan, kalau sudah jelas tidak perlu diteliti," ungkap mantan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) itu.

Tapi, M Nuh melanjutkan, jika ada timbul rasa penasaran itu secara akademik jadi landasan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendilkbud) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprof) Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, para Ahli Arkeolog, Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM), serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bisa ikut masuk ke fase promosi.

"Ini tanda positif sebelum masehi (SM). Situs gunung padang sezaman dengan zamannya Nabi Ibrahim sebelum 3.000 tahun SM ada kehidupan. Kita bangga peninggalan ini ada di Indonesia," tuturnya. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini