Share

Dana Penelitian Gunung Padang Belum Cair

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Kamis 18 September 2014 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 373 1040833 pC6vqippWs.jpg Dana Penelitian Gunung Padang Belum Cair (Foto: dok. okezone)
A A A

CIANJUR - Dana penelitian Situs Megalitik Gunung Padang dari alokasi dana abadi pendidikan sebesar Rp3 miliar belum cair.

Meskipun dananya belum cair, hal itu tidak sepenuhnya menghambat proses penelitian untuk mengungkap dugaan adanya peradaban manusia tertua di dunia. Namun beberapa proses penelitian membutuhkan pendanaan lebih.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Wakil Ketua Tim Nasional Geologi Danny Hilman mengakui, hingga  saat ini dana belum turun, tapi pihaknya sudah terbiasa melakukan penelitian dengan dana mandiri sejak tiga tahun lalu.

"Meskipun tidak sepenuhnya menghambat dengan dana belum turun, tapi kalau dana sudah ada bisa lebh baik," ujar Danny Hilman, di Situs Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (17/9/2014).

Misalnya, lanjut Danny, untuk melakukan pengukuran carbondating atau pengukuran usia tanah di laboratorium Florida dan laboratorium Batan. Untuk satu sampel yang diuji membutuhkan 750 dolar, sedangkan sampel yang ditemukan saat ini sudah mencapai puluhan.

"Untuk sementara sampel yang sudah dianalisis sebanyak 15 sampel, lima di antaranya di laboratorium Batan dan sisanya di laboratorium di luar negeri," ucapnya.

Danny melanjutkan, statusnya masih kerja bakti karena masih dana sendiri. Meskipun banyak pihak asing seperti Rusia, Amerika Selatan, dan Jerman yang menawarkan bantuan tapi pihaknya menolak.

"Kami ingin perkuat di nasionalnya," ungkapnya. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini