Share

Discovery Learning, Cara Baru Belajar Kurikulum 2013

Qur'anul Hidayat , Okezone · Kamis 18 September 2014 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 373 1040869 c7J4QAGWSD.jpg Discovery Learning, Cara Baru Belajar Kurikulum 2013 (Foto: Arif/Okezone)
A A A

JAKARTA - Kurikulum 2013 menghadirkan beberapa perubahan mendasar tentang persepsi cara pembelajaran di sekolah. Jika sebelumnya siswa terpaku dengan proses pengajaran searah dari guru, kini mereka bisa menjadi subjek yang langsung melakukan pengamatan terhadap materi pembelajaran.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan dalam proses implementasi Kurikulum 2013. Puncak yang hendak dicapai adalah kemampuan dalam berkomunikasi.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Pertama mengamati, menanya, diskusi dan berkomunikasi. Kalau bisa dicoba (dipraktekkan), kenapa komunikasi? Karena kompetensi masa depan adalah kemampuan berkomunikasi," ucapnya saat memberikan seminar "Kebangkitan Bersama Mencerdaskan Pendidikan Tertinggal" di Hotel Bumi Karsa Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (18/9/2014).

Keunikan Kurikulum 2013, tambahnya, adalah sistem discovery learning yang mendorong siswa untuk membentuk kelompok diskusi dan mencari tahu tentang berbagai hal di sekitarnya.

"Dahulu siswa mengagadap ke depan, sekarang anak tidak menghadap ke depan tapi sudah pakai kelompok, mengamati objek langsung, teks dan gambar," bebernya.

Selain menghadirkan Wamendikbud, seminar yang diadakan Dikti Kemendikbud juga mengundang Wakil Presiden Indonesia Boediono yang akan berbicara di depan sekira 1.500 peserta program Sarjana Mengajar di daerah Terpencil, Terluar, Tertinggal (SM-3T).

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini