Share

BRI Pede Bisa Operasikan Satelit Sendiri

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Kamis 18 September 2014 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 457 1041241 1JxGPPFB1f.jpg BRI {Pede} Bisa Operasikan Satelit Sendiri (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menyatakan bakal mengoperasikan sendiri satelitnya walaupun belum mempunyai pengalaman dalam pengoperasian tersebut.

"Nah sampai hari kita operasikan sendiri. Kita juga enggak mengerti bagaimana operasinya, kita belajar," ucap Direktur Keuangan Achmad Baiquni saat acara Investor Summit and Capital Market Expo (ISCME) 2014, di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurutnya, pihak BRI akan merekrut tenaga ahli untuk mengoperasikan satelit tersebut. Pasalnya BRI sudah menemukan beberapa putra Indonesia yang berminat untuk pengoperasian tersebut.

"Khususnya putra terbaik Indonesia sudah banyak yang mampu operasikan satelit.  Banyak bekerja di sana, mereka tertarik kerja pas kita mau punya satelit. Kenapa kita enggak tarik saja," sebutnya.

Di tempat yang sama Direktur BRI Sulaiman A Arianto menambahkan, putra-putra terbaik Indonesia saat ini sudah banyak bekerja di perusahaan Boeing yang satelit untuk PBB.

"Kita juga kirim 20-40 orang untuk kerja di pabrik satelit, nanti gampang masuk, bagaimana ground handlingnya. Operasi sendiri memang enggak bisa tapi bisa bayar orang yang ahli," tutupnya sambil tertawa.

Sebelumnya, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Space System/Loral, LCC dari Amerika Serikat dan Arianespace dari Prancis. Kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka peluncuran satelit BRI.

Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengatakan, peluncuran satelit tersebut dilakukan untuk memperkuat jaringan BRI. Selain itu, adanya anjuran dari presiden RI tentang pentingnya penerapan financial inclusion.

"Peluncuran satelit juga agar menjangkau lapisan masyarakat, di samping itu sesuai dengan jaringan bisnis perseroan, keberadaan satelit akan menguntungkan bisnis perseroan," katanya di Gedung BRI belum lama ini

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini