Share

12 Negara dengan Pasar Properti Terpanas di Dunia

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Kamis 18 September 2014 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 471 1040903 FYKSln2LAu.jpg 12 Negara dengan Pasar Properti Terpanas di Dunia (Foto : Reuters)
A A A

JAKARTA - The Global Property mengeluarkan hasil risetnya mengenai 12 kota dengan pasar properti paling populer di dunia. Kota-kota ini dipilih karena berhasil mencatatkan pertumbuhan properti yang mengagumkan. Indonesia nomor berapa?

Dikutip dari Business Insider, Kamis (18/9/2014) pasar properti paling populer di dunia masih dipegang oleh Dubai. Kota ini memang mencatatkan pertumbuhan yang mengagumkan di sektor propertinya. The Global Property, pada kuartal II-2014 kenaikan harga rumah di Dubai melejit hingga 33,26 persen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di posisi kedua adalah kota Estonia. Kenaikan harga rumah di negara kecil yang berada di kawasan Eropa utara ini tercatat mencapai 16,72 persen dari tahun ke tahun. Atau meningkat 7,27 persen dibanding tahun 2013. Masih di benua Eropa, pasar properti paling populer selanjutnya adalah Irlandia. Harga rumah di Irlandia tercatat mengalami kenaikan 11,97 persen dari tahun ke tahun, atau lebih tinggi 0,56 dibanding tahun 2013.

Posisi empat ditempati oleh Inggris. The Global Property mencatat, harga perumahan nasional di Inggris melejit 9,68 persen dari tahun ke tahun. Di posisi lima adalah Turki. Negara yang terkenal dengan makanan Kebab ini mencatatkan kenaikan harga perumahan hingga 7,24 persen dari tahun ke tahun.

Posisi enam adalah Australia. Negara ini mencatatkan pertumbuhan harga perumahan 7,21 persen dari tahun ke tahun. Posisi tujuh, ada Selandia Baru. Di negara ini, harga perumahannya tercatat meningkat 6,66 persen dari tahun ke tahun. Di posisi delapan adalah Islandia. Negara yang diapit oleh Atlantik Utara dan Samudra Atlantik ini mencatatkan kenaikan pertumbuhan harga rumah 6,09 persen dari tahun ke tahun. Atau 1,47 persen lebih besar dibanding 2013.

Sementara itu, di posisi sembilan adalah Israel. Harga rumah di negara ini tercatat naik 6,06 persen dari tahun ke tahun. Nomor sepuluh adalah Brasil. Harga perumahan di Brasil terutama di kota Sao Paolo naik 5,27 persen dari tahun ke tahun.

Di posisi sebelas adalah Latvia. Ibu kota dari Republik Latvia ini mencatatkan pertumbuhan harga rumah 5,21 persen dari tahun ke tahun. Terakhir adalah Taiwan. Taiwan merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia yang masuk ke dalam daftar ini. Negara ini mencatatkan pertumbuhan perumahan 5,20 persen per tahun.

Sayangnya, di dalam 12 daftar ini tidak terdapat nama Indonesia. Indonesia harus puas berada di posisi 28 sebagai negara dengan pasar properti paling populer di dunia. The Global Property mencatat, pasar properti di Indonesia justru tengah mengalami perlambatan pada kuartal kedua. Harga properti residensial di 14 kota utama di Indonesia hanya naik 0,74 persen yoy, atau turun dari peningkatan tahunan 6,06 persen pada periode yang sama tahun lalu

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini