Share

Rahasia Harga Teh India Sangat Mahal

Ira Aldira, Okezone · Kamis 18 September 2014 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 306 1040815 zqaZvk4NnX.jpg Teh di India sangat mahal (Foto: Huffingtonpost)
A A A
SEBUAH perkebunan teh di wilayah Darjeeling, India baru-baru ini menjual teh paling mahal. Jepang, Amerika Serikat dan Inggris menjadi salah satu negara yang membeli teh tersebut.

Tidak hanya China dan Jepang, India juga terkenal sebagai penghasil teh terbaik. Diantara bermacam jenis teh yang ada di India, Silver Tips Imperial yang paling mahal. Teh ini dijual seharga 1.850 US dollar atau setara Rp 22 juta per kilogram dari Makibari Tea Estate.

Jepang sebagai salah satu negara yang membeli teh tersebut mengatakan kepada Times of India bahwa Silver Tips Imperial akan disajikan di Hotel Ritz Carlton Tokyo Roppongi dan dijual seharga 45 US dollar atau setara Rp 500 ribu per pot.

Yang membuat harga teh India melambung tinggi adalah karena proses pemetikan yang tidak sembarangan. Ada sekira 500 wanita yang menjadi petani teh di India. Biasanya para petani ini memetik teh pada bulan Juni di malam hari saat pukul 24.00 sampai 03.00.

“Daun dipetik saat malam bulan purnama, hal tersebut dilakukan agar mendapatkan teh yang baik,” jelas ketua Makaibari, Rajah Banerjee seperti yang dilansir Huffingtonpost, Kamis (19/9/2014).

The Makaibari Tea Estate didirikan pada tahun 1859 di sebuah hutan di Benggala Barat di wilayah timur India dan menjadi produsen teh terbesar kedua di dunia setelah China.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fik.-)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini