Share

Plus-Minus Kenaikan BBM Bertahap

Selfiani Hasanah , Okezone · Jum'at 19 September 2014 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 19 1041516 EOul8P538W.jpg SPBU milik Pertamina. (Ilustrasi foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah berencana untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Kenaikan harga ini, idealnya dilakukan secara bertahap meskipun akan berdampak kurang baik terhadap beberapa pihak.

Ketua Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin, mengatakan jika kenaikan dilakukan secara bertahap maka akan ada beban psikologis dari pelaku bisnis tersebut. Hal ini lantaran harga naik berkali-kali.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Nah yang akan terjadi, pelaku bisnis ini nanti bingung soal patokan harga barang mereka kalau naiknya bertahap," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Jumat (19/9/2014)

Dia mengatakan, para pelaku bisnis harus benar-benar membaca situasi kenaikan BBM, agar usahanya tidak pasang surut karena mengalami untung rugi. "Karena kalau langsung kan nanti masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang kaget. Kasihan nanti pemerintah di salahkan lagi," tutur dia.

Selain itu, dia menilai pemerintah sudah seharusnya mencari cara untuk menolong masyarakat lapisan tertentu, dengan bantuan-bantuan kemasyarakatan yang ada dalam agenda pemerintah saat ini. Salah satu caranya, adalah dengan memberikan bantuan langsung. "Khususnya pada sektor pendidikan serta kesehatan. Kalau enggak begitu sama saja, sengsara-sengsara juga mereka," imbuhnya.

"Kenaikan harus dihitung dulu, tapi kalau bertahap pun harus ada pengendalian dalam kenaikan harga yang dinaikkan oleh pelaku bisnis. Jangan berkali-kali terus melebihi itu," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini