Share

BBM Naik Rp1.000, 436 Km Jalur Kereta Tercipta

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Jum'at 19 September 2014 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 19 1041711 VhnIOzqQ99.jpg BBM naik Rp1.000, 436 Km jalur kereta bisa dibangun. (Ilustrasi foto: Heru/OKezone)
A A A

JAKARTA - Pengamat Ekonomi UGM Denni P Purbasari mengatakan, jika pemerintah berani menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan banyak pembangunan yang dialami Indonesia.

Pasalnya dengan menaikan harga BBM, maka anggaran subsidi ini bisa dialihkan ke bidang infrastruktur. Menurut hitungannya dengan menaikan harga BBM bersubsidi sebesar Rp1.000 per liter, Indonesia bisa membangun jalur kereta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Dengan menaikan harga BBM Rp 1.000 per liter, berarti kita bisa hemat Rp 46 triliun. Sedangkan untuk bangun jalur kereta hanya butuh Rp 9,8 triliun," kata dia dalam diskusi di Kantor Ansor, Jumat (19/9/2014).

Dia mengatakan, jalur kereta yang bisa dibangun dengan anggaran Rp9,8 triliun sepanjang 436 kilometer (km) bisa selesai hanya dalam jangka waktu dua tahun saja.

"Itu jalurnya sudah seperti dari Cirebon hingga Surabaya. Ini bisa dibangun di Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera. Kita kan juga butuh trans Sumatera, kenapa tidak bangun itu," jelas dia.

Selain itu, Denni mengatakan anggaran dari penghematan BBM bersubsidi bisa digunakan untuk membangun banyak pembangkit listrik di Indonesia.

"Pembangkit listrik itu cuma butuh Rp 1 triliun, itu lima tahun lalu. Kalau sekarang anggap saja Rp1,5-Rp2 triliun. Itu sudah yang panas bumi, sudah hemat solar, tidak butuh BBM tetapi bisa menerangi seluruh Indonesia," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini