Share

Moms, Jangan Lakukan Ini saat Anak Marah

Evi Elfira, Okezone · Jum'at 19 September 2014 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 196 1041495 1TZCewdfZu.jpg Orang tua menenangkan anak yang marah (Foto: Boldsky)
A A A

BERURUSAN dengan anak yang sedang marah sudah pasti merepotkan orangtua. Sebagai orangtua, Anda harus bisa menenangkan si buah hati ketika sedang marah, namun ada juga beberapa hal  yang tidak boleh dilakukan ketika anak marah.

 

Orangtua sering kebingungan untuk mencari cara menenangkan anak yang marah, hingga akhirnya seringkali langkah yang diambil tidaklah tepat. Untuk menghindarinya, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika anak marah, seperti dilansir dari Boldsky, Jumat (19/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jangan menjadi emosi

Hal terburuk yang dilakukan orang tua ketika anak mereka marah adalah menjadi emosional. Anak-anak tidak cukup bisa untuk bereaksi secara tepat terhadap emosi, terutama ketika mereka marah. Bereaksi dengan  emosi adalah salah satu dari beberapa hal yang harus dihindari ketika anak sedang marah.

Melakukan kekerasan fisik

Terkadang, orang tua lepas kendali ketika anak mereka marah. Hal terburuk lainnya yang dilakukan orang tua ketika anak marah adalah melakukan kekerasan secara fisik. Hal tersebut hanya akan menambah kemarahan anak dan tidak membantu untuk menenangkannya. Bahkan, Anda akan mendapatkan rasa menyesal karena telah melakukan kekerasan secara fisik yang tidak disengaja kepada anak.

Kata-kata kasar

Orang tua adalah contoh atau sosok yang ditiru oleh anak. Ketika anak Anda marah, cobalah untuk tidak mengeluarkan bahasa yang kasar. Kata-kata atau bahasa yang kasar akan berpengaruh terhadap pola pikir anak.

Jangan memberikan kesimpulan yang tidak logis

Orang tua sering kali memiliki kebiasaan langsung menuju kesimpulan mengenai kemarahan anaknya. Jangan memberikan kesimpulan yang tidak penting dan tidak logis. Dengan melakukannya, Anda tidak akan bisa mencari tahu penyebab kemarahan anak Anda.

Mengancam

Salah satu hal yang sangat konyol untuk dilakukan ketika anak marah adalah dengan mengancam mereka. sebagai orang tua, Anda perlu tetap tenang dan memastikan kepada anak Anda bahwa semuanya akan menjadi lebih baik. Mengancam anak hanya akan memerburuk keadaan.

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini