Share

Cara Sehat Kelola Emosi Anda (1)

Evi Elfira, Okezone · Jum'at 19 September 2014 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 198 1041715 sAlTNmUppG.jpg Kelola rasa marah Anda (Foto: Boldsky)
A A A

RASA marah adalah rasa yang tidak menyenangkan. Untuk mengatasinya, Anda perlu tahu cara mengelola emosi Anda.

 

Saat dalam kondisi emosi atau marah, seseorang sering melakukan hal yang disesali di kemudian hari. Mengelola dan mengontrol emosi pribadi adalah langkah yang paling tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa langkah sehat untuk mengelola kemarahan Anda, sebagaimana dilansir dari  Boldsky, Jumat (19/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ambil nafas dalam

Bila Anda merasakan kemarahan hingga memenuhi kepala Anda, segeralah mengambil nafas dalam-dalam. Memiliki lebih banyak oksigen dalam tubuh Anda akan lebih mudah untuk menghilangkan amarah yang mengacaukan otak Anda.

Jauhkan penyebab kemarahan

Salah satu cara terbaik dan sehat untuk mengangani kemarahan adalah dengan menjauhi penyebabnya. Misalnya saja Anda merasa marah setelah rapat dengan atasan, Anda perlu pergi keluar dan mencari udara segar. Jauh dari atasan secara fisik juga dapat membantu Anda mengatasi rasa marah tersebut.

Ekspresikan amarah Anda

Lebih baik Anda menunjukkan rasa tidak senang Anda terhadap seseorang atau sesuatu. Katakanlah dengan jelas bahwa Anda marah karena sesuatu atau karena sesorang. Anda tidak perlu berteriak atau membuat keributan untuk mengekspresikan kemarahan Anda.

Temui teman

Keluar dari rumah dan bertemu dengan teman-teman yang baik dapat mengalihkan pikiran Anda dari rasa marah. Jika suami dan istri mengalami pertengkaran yang hebat, mereka harus pergi untuk bertemu teman-teman mereka. Hal ini akan membantu mereka untuk mengalihkan pikiran dari pertengkaran.

 

Menulis

Terkadang, kita sangat ingin mengatakan sesuatu atau mengutarakan sesuatu dari seluruh unek-unek yang ada di pikiran atau perasaan. Dengan menulis, hal tersebut dapat membantu Anda untuk melampiaskan perasaan atau kemarahan dalam bentuk kata-kata. Menulislah dalam buku diari atay blog dimana cara ini dapat membantu menenangkan amarah Anda. (Bersambung).

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini