Share

Cara Sehat untuk Mengatasi Amarah (2)

Evi Elfira, Okezone · Jum'at 19 September 2014 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 198 1041718 ibLeXxACSz.jpg Meditasi membantu redakan amarah (Foto: Fitlife)
A A A

MENGELOLA diri dari kemarahan merupakan hal yang wajib dilakukan. Daripada itu, Anda perlu mengetahui cara untuk menenangkan kemarahan Anda.

 

Saat dalam kondisi emosi atau marah, seseorang sering melakukan hal yang disesali di kemudian hari. Mengelola dan mengontrol emosi pribadi adalah langkah yang paling tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa langkah sehat untuk mengelola kemarahan Anda, sebagaimana dilansir dari  Boldsky, Jumat (19/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menunggu sebelum merespon

Ketika seseorang mengatakan atau melakukan sesuatu untuk menenangkan Anda, jangan pernah langsung meresponnya.  Semakin cepat Anda bereaksi, semakin tinggi sensitifitas reaksi Anda. Jangan terburu-buru untuk membalas karena semua ada waktu yang tepat.

Belajar untuk menertawakan diri

Tawa dan kemarahan seringkali menjadi dua sisi pada koin yang sama. Jika Anda belajar untuk menertawakan diri sendiri, maka Anda dapat tertawa bahkan ketika amarah Anda sedang memuncak.

Manjakan diri

Ketika Anda merasa benar-benar marah, Anda harus melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Konsumsilah makanan favorit Anda dan lakukanlah hal yang benar-benar Anda ingin lakukan. Hal tersebut dapat membantu menenangkan Anda dari amarah.

Pelajari beberapa perspektif

Jika Anda bisa menempatkan diri di posisi orang lain, maka Anda tidak mungkin merasa marah. Anda dapat mengubah perspektif ketika dalam kondisi marah dengan mencoba berpikir dari sudut pandang yang berbeda. Ini akan membantu Adna mengembangkan diri sebagai pribadi yang lebih tenang.

Meditasi

Idealnya, Anda harus bermeditasi setiap hari sehingga Anda mendapatkan pegangan yang lebih kuat pada emosi Anda. Meditasi membantu Anda untuk mengembangkan kemampuan mental serta membuat Anda lebih tenang.(Selesai).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini