Share

Kemenkeu Siap Jika Anggarannya Dipangkas Jokowi

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Jum'at 19 September 2014 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 20 1041515 aMCoss8V1X.jpg Ilustrasi Kementerian Keuangan. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan pemotongan anggaran dinas kementerian dan lembaga (k/l) pada pemerintahannya. Hal ini dilakukan dalam rangka penghematan anggaran serta menambah ruang fiskal.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Ki Agus Badaruddin mengatakan, pihaknya bersedia dipangkas anggarannya jika kebijakan tersebut dilakukan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kalau memang sudah diambil suatu kebijakan bersifat nasional untuk melakukan penghematan, efisien terhadap anggaran, anggaran Kementerian Keuangan akan lakukan penghematan dalam rangka mendukung kebijakan nasional tersebut," ucap Ki Agus di kantornya, Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Untuk itu, Kemenkeu akan mendukung hal tersebut yang nantinya menjadi kebijakan nasional pada pemerintahan mendatang. "Kalau anggaran dipangkas jadi policy umum, tentu kita bersedia untuk dipangkas anggaran Kementerian Keuangan. Kita ikut kebijakan nasional lah," sebutnya.

"Kalau memang terjadi penghematan anggaran, tentu tidak ada pengecualian termasuk Kemenkeu, jadi kita siap. Selama ini memang begitu, setiap kali ada pemotongan atau penghematan anggaran, Kemenkeu juga terkena ikut, jadi tidak ada pengecualian," tukas dia.

Sebelumnya, presiden terpilih Joko Widodo mengatakan ruang fiskal yang ada saat ini tidak mungkin mencukupi untuk membangun infrastruktur secara menyeluruh. Untuk itu dirinya memiliki inisiatif untuk melakukan efisiensi anggaran-anggaran yang terlalu besar.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini