Share

Kabut Asap Tahun Ini Diprediksi Tahan Lama

Budi Sunandar , Sindo TV · Jum'at 19 September 2014 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 340 1041457
A A A

SIJUNJUNG - Kabut asap masih menyelimuti wilayah Sumatera Barat hingga hari ini. Jarak pandang di sejumlah wilayah terus menurun karena tebalnya kabut asap imbas dari kebakaran hutan di sejumlah tempat di Sumatera.

Di Kabupaten Sijunjung misalnya, pengguna jalan raya tidak bisa melaju karena jarak pandang hanya 100 meter. Meski demikian, aktivitas warga di sana tampak berjalan normal. Sementara di Kota Padang, kabut asap lebih tipis dengan jarak pandang sekira 250 meter.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kepala Bidang Pengamanan dan Perlindungan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat,  Faridil Afrasy, mengatakan, jumlah titik api di Sumatera mencapai 1.666 buah. Sebanyak 20 di antaranya tersebar di sejumlah tempat di Sumbar.

“Di Sijunjung ada dua titik api, Solok empat titik api, dan Damasraya 14 titik api,” terangnya.

Menurutnya, meski jumlah titik api di Sumbar tidak banyak, namun letak geografis mempengaruhi tebalnya kabut asap. Pasalnya, Sumbar berada di antara Palembang, Jambi, dan Riau yang merupakan wilayah banyak titik api.

“Sumbar ini posisinya pas di tengah-tengah,” akunya.

Dia memprediksi kabut asap tahun ini akan tahan lama karena berbarengan dengan musim kemarau ekstrim. “Mungkin sampai akhir Desember akan ada kabut asap,” pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini