Share

Kemenpera Tegaskan Pemda Fokuskan Pembangunan Rusun

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Jum'at 19 September 2014 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 471 1041375 HmaHjlk9KS.jpg Kemenpera Tegaskan Pemda Fokuskan Pembangunan Rusun (Foto : Okezone)
A A A

JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) kembali mengingatkan pemerintah daerah (Pemda) untuk memprioritaskan pembangunan rumah susun (rusun) di kota besar yang kepadatan penduduknya cukup tinggi. Adapun tujuan pembangunan rusun selain dapat menghemat pemanfaatan lahan, dan bertujuan supaya masyarakat bisa tinggal lebih dekat di kawasan perkotaan.

"Pembangunan tempat tinggal untuk masyarakat di kawasan perkotaan mau tidak mau akan diarahkan ke rumah susun. Oleh karena itu kami berharap Pemda ke depan bisa ikut mendorong serta memprioritaskan pembangunan hunian vertikal untuk masyarakatnya," kata Sekretaris Kemenpera Rildo Ananda Anwar yang dikutip dari laman resmi Kemenpera, Jumat (19/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ke depan, tutur Rildo, Pemda akan semakin sulit menemukan lahan yang cukup luas dengan harga yang terjangkau di kota-kota besar di Indonesia. Oleh karena itu, dengan membangun Rusun maka Pemda dapat menyediakan hunian yang lebih banyak untuk masyarakat khususnya mereka yang kurang mampu.

"Mungkin untuk wilayah Kalimantan masih ada lahan yang cukup luas untuk perumahan. Tapi kalau wilayah Jakarta, Bandung serta kota besar lainnya tentunya Rusun menjadi pilihan untuk hunian yang terbaik untuk masyarakat," lanjut dia.

Selain itu, ia juga berharap agar Pemda mulai dapat menghitung alokasi anggaran untuk program perumahan di daerahnya masing-masing. Sebab semakin bertambahnya penduduk akan berdampak pada kebutuhan hunian yang cukup besar pula.

"Kami juga siap duduk bersama dengan para pengembang untuk ikut mendukung Pemda untuk membangun hunian vertikal di daerah. Namun demikian Pemda juga harus bisa membantu penyediaan lahan serta perizinan sehingga pembangunan Rusun di daerah dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini