Share

10 Kota Terbaik di Asia

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Jum'at 19 September 2014 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 471 1041425 LwsuRLb5sU.jpg 10 Kota Terbaik di Asia (Foto :CNBC)
A A A

BEIJING - Lembaga ekonomi independen, Milken Institute mengeluarkan daftar 10 kota terbaik di Asia. Kota-kota ini dianggap terbaik dinilai dari perekonomian kotanya. Kota mana saja?

Seperti dilansir dari CNBC, Jumat (19/9/2014) Kepala Penelitian Lembaga Ekonomi Milken Ross Devol mengungkapkan yang menjadi indikator dari penilaian kota terbaik ini di antaranya pertumbuhan lapangan kerja, pendapatan rumah tangga dan industri dalam kurun waktu lima tahun (2008-2013).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kota Shenzhen di China menduduki posisi pertama sebagai kota terbaik di Asia. Kota ini menjadi basis dari industri rakitan handphone seperti iPhone, industri telekomunikasi, keuangan dan biofarmasi," kata dia.

Diposisi kedua adalah kota Tianjin. Kota yang berlokasi di China utara ini merupakan satu dari lima kota yang menjadi pusat nasional Republik Rakyat China. Di posisi ketiga adalah kota Guangzhou. Guangzhou yang merupakan Ibu kota provinsi Guangdong dan merupakan kota terbesar ketiga di China. Sebagai kota besar, kota ini menjadi pusat transportasi nasional, pelabuhan dan perdagangan di China.

Masih di China, kota terbaik di posisi keempat adalah Chengdu. Ibu kota provinsi Sichuan ini juga merupakan kota besar yang berada di sebelah barat China. Di posisi kelima adalah kota New Delhi. Di posisi keenam adalah kota Kuala Lumpur di Malaysia, di posisi ketujuh kota Beijing di China.

Sementara di posisi kedelapan adalah kota Singapura. Di posisi kesembilan ada Ho Chi Minh di Vietnam, dan di posisi terakhir atau 10 adalah kota Shanghai di China.

Devol menegaskan ada beberapa indikator yang tidak dimasukkan ke dalam penilaian kota terbaik tersebut.

"Indikator tersebut diantaranya biaya hidup, tingkat polusi dan waktu perjalanan," tutup dia.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini