Share

Mengatasi Kebocoran pada Dak Beton

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Jum'at 19 September 2014 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 472 1041616 AyF3WdCrMd.jpg Mengatasi Kebocoran pada Dak Beton (Foto :Home Improvement)
A A A

JAKARTA - Dak beton yang mengalami kerusakan umumnya disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, adanya keretakan pada dak beton itu sendiri, kedua absorpi beton yang tinggi sehingga kurang kedap air, ketiga adukan cor beton yang tidak sempurna sehigga masih terdapat bagian coran yang tidak padat, serta ketebalan coran kurang mencukupi.

Untuk mengatasi kerusakan tersebut, yaitu terlebih dahulu harus mencari sumber utama kerusakannya. Bila kerusakan disebabkan oleh tekanan , maka dak beton cukup dilapisi dengan waterproofing. Namun, bila kerusakan tidak diketahui, maka sebaiknya seluruh bagian dak dilapisi acian, campuran semen dan pasir.Bagaimana cara melapisinya? Berikut langkah-langkahnya yang dikutip dari buku Home Repairing Solusi Mudah Atasi Kerusakan Rumah karangan Tim Griya Kreasi, Jumat (19/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pertama, siapkan alat dan bahan berikut ini. Waterproofing, semen dan pasir kering, kain kasa atau serat fiber, kuas nomor empat, cat dasar atau wall sealer dan cat finishing, kape sekrap, ember adukan, roller, dan sikat kawat halus.

Caranya bersihkan permukaan dak dari kotoran debu, atau lumut dengan menggunakan sikat kawat dan kape sekrap. Lakukan pengolesan waterproofing pada sudut pertemuan dak beton dengan dinding yang retak. Untuk olesan tahap pertama sebaiknya waterproofing dicairkan dengan 10 persen air.

Saat mengoleskan waterproofing masih dalam keadaan basah, tempelkan serat fiber sambil ditekan. Olesi kembali dengan waterproofing ke bagian permukaan serat fiber yang baru ditempelkan. Ulangi pelapisan fiber dengan arah menyilang setelah lapisan pertama mengering.

Terakhir, untuk mencegah kerusakan lapisan waterproofing yang baru saja dikerjakan, sebaiknya dak beton dilapisi dengan plesteran adukan semen yang dicampur cairan waterproofing setebal tiga hingga lima sentimeter (cm). Perbandingan adukan adalah 1 kg waterproofing : 5 liter air : 8 kg semen : 24 kg pasir bersih kering.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini