Share

Kiat Pede Bicara di Depan Publik

Irwina Istiqomah, Okezone · Sabtu 20 September 2014 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 20 198 1041901 XRWS5XeiKh.jpg Bicara depan publik (Foto:Icodeforliving)
A A A

BERBICARA di depan umum bukanlah perkara mudah. Tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut dengan mulus. Seperti dilansir PsychologyToday, berikut kiat agar Anda berani berbicara di depan publik.

 

Apa adanya

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jangan terlalu keras memikirkan tentang sempurna. Lakukan sebisa dan sebaik-baiknya. Anda tidak perlu terlalu dini memikirkan bagaimana hasilnya dan reaksi dari audience. Anda hanya perlu fokus untuk memberikan yang terbaik.

 

Jangan menghafal

Usahakan untuk tidak menghafal kalimat demi kalimat. Teknik menghafal akan membuat Anda semakin gugup. Saat Anda kehilangan konsentrasi karena gugup, Anda akan terlihat kaku dan terbata-bata. Belajarlah untuk mengimprovisasi dan pahami betul dengan teman yang Anda ambil.

 

Rileks

Berusahalah untuk tidak terlalu gugup. Percaya diri dengan kemampuan yang Anda miliki. Santailah saat berhadapan dengan audience. Ketika Anda dapat rileks maka Anda akan mengeluarkan kata-kata dengan mudah.

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini