Share

Harga Hewan Kurban Naik Sampai Rp3 Juta

Prabawati Sriningrum , Okezone · Minggu 21 September 2014 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 20 320 1041967 LIgxJ8nzXy.jpg Harga Hewan Kurban Naik Sampai Rp3 Juta. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA- Harga penjualan hewan kurban menjelang Idul Adha atau Hari Raya Kurban, selalu menjadi perbincangan menarik bagi para calon pembeli hewan kurban. Kenaikan harga yang sering terjadi setiap tahunnya, tentu cukup memberatkan para konsumen.

Hewan kurban yang marak dicari orang pada Hari Raya Kurban selalu mengalami kenaikan. Meskipun setiap pedagang memberikan harga masing-masing bagi hewan kurbannya. Namun, untuk tahun ini kenaikan yang terjadi tidak terlalu signifikan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Penjualan hewan kurban untuk saat ini sendiri, dihitung Rp 75.000 per kg. Kambing kelas C dengan berat 25-30 kg, harganya kisaran Rp2 juta-Rp2,5 juta.

Sementara, untuk kambing kelas B dengan berat 30-35 kg dibanderol dengan harga Rp2,5 juta-Rp3 juta. Begitu pula, dengan harga sapi yang naik sekira Rp1 juta-Rp3 juta per ekor.

”Tahun ini untuk kambing bobot 25 kg-30 kg, saya naikkan harga kisaran Rp200 ribu, atau Rp300 ribu paling besar. Kalau untuk sapi naik sekira Rp1 juta-Rp3 juta,” tutur Salah satu pedagang hewan kurban di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Musdi, kepada Okezone di Jakarta, Minggu (21/9/2014).

Pria asal Wonosobo yang kesehariannya, juga berprofesi sebagai penjual kambing ini, beranggapan meskipun mengalami kenaikan, harga hewan untuk tahun ini tidak terlalu berbeda dengan tahun lalu.

Akan tetapi, kesulitan justru pada pencarian suplai makanan. Lantaran akibat musim kemarau yang sedang terjadi. Menurutnya, selama musim kemarau ini pangan untuk hewan ternaknya sedikit sulit untuk dicari.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini