Share

Pertanyaan Interview Kerja yang Sulit Dijawab

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Sabtu 20 September 2014 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 20 370 1042053 5ArJ8R9YWT.jpg Pertanyaan {Interview} Kerja yang Sulit Dijawab (Foto: dok. okezone)
A A A

JAKARTA - Sudah tahu betapa pentingnya persiapan untuk wawancara kerja. Perlu melakukan research terhadap perusahaan, tanggapan respon untuk setiap pertanyaan wawancara yang umum, dan mempersiapkan beberapa pertanyaan.

 

Tetapi, apakah kalian yakin telah mempersiapkan jawaban yang membuat menonjol bagi manajer yang mempekerjakan? Atau, apakah secara tidak sengaja memberikan tanggapan tentang pekerjaan?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berikut beberapa pertanyaan wawancara umum dan tips tentang cara menjawab masing-masing pertanyaan, seperti dilansir laman CareerBuilder, Sabtu (20/9/2014).

Bisakah diceritakan sedikit tentang diri Anda?

Ini merupakan salah satu pertanyaan yang terlihat mudah, tapi sebenarnya tidak begitu sederhana. Pihak perusahaan kemungkinan akan mengukur tingkat kepercayaan diri, antusiasme, dan gairah untuk pekerjaan serta kemampuan dalam berkomunikasi dengan jelas.

Jadi, fokus pada pengalaman profesional dan keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan dan menyebutkan tempat kalian sekolah dan apa yang dipelajari. Kemungkinan juga menjelaskan mengapa posisi ini begitu menarik.

Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?

Pertanyaan terbuka ini memberikan banyak kebebasan. Tapi ingat, meskipun pertanyaan seperti penasaran ingin mengetahui apa yang diinginkan, pewawancara benar-benar ingin tahu aset apa yang dibawa ke perusahaan dan mengapa Anda cocok untuk posisi itu. Jika fokus yang didapatkan dari pekerjaan, pihak perekrutan bisa melihat kalian sebagai sesorang yang egois, hanya tertarik pada diri sendiri dan kebutuhannya, daripada kebutuhan tim dan perusahaan.

Jadi, sambil fokus bagaimana posisi selanjutnya yang menjadi tujuan karier atau sesuai dengan gaya hidup, berbicara tentang kekaguman untuk perusahaan dan produk atau jasa juga bisa. Pastikan kalian tahu bagaimana menjawab pertanyaan wawancara seperti ini dengan teliti, berpikir secara filsafat dan tantangan.

Apa kekuatan dan kelemahan terbesar Anda?

Tidak perlu untuk mengungkapkan penuh saat menjawab pertanyaan ini. Pilihan terbaik adalah tetap di jalan tengah. Hal ini berarti menahan diri dari membual atau melebih-lebihkan kekuatan kalian.

Ini juga berarti menyebutkan kelemahan dan menjelaskan bagaimana mengubah kelemahan menjadi kekuatan.

Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan saat ini?

Jaga tanggapan positif ketika menjawab pertanyaan ini. Jika telah diberhentikan atau dipecat, jujur tentang hal tersebut tapi menekankan pada penjelasan situasi itu.

Sangat penting untuk mempersiapkan wawancara, terutama untuk pertanyaan wawancara yang khas. Tetapi, penting juga untuk bersantai menjadi diri sendiri dan biarkan pewawancara melihat kepribadian kalian.

Coba memberikan penjelasan yang jelas dan mungkin memberikan pewawancara kesan untuk dapat dapat memberikan jawaban yang ingin mereka dengar. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini