Share

Diresmikan, PLT Biogas Solusi Listrik di Pedesaan

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Minggu 21 September 2014 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 21 19 1042273 IaSWtPG34t.jpg Diresmikan, PLT Biogas Solusi Listrik di Pedesaan (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya mineral (ESDM) meresmikan Pilot Project Pemanfaatan Limbah Cair Sawit (POME) untuk Pembangkit Listrik Perdesaan 1 Mega Watt (MW) di Desa Rantau Sakti Kecamatan Tambusai Utara, Rokan Hulu Propinsi Riau.

Biomassa adalah jenis energi terbarukan yang tepat untuk penyediaan listrik masa depan, dan akan meningkatkan ketahanan energi nasional sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pemanfaatan limbah biomassa yang tersebar di seluruh Propinsi di Indonesia melalui Pembangkit Listrik Tenaga (PLT) Biogas berbasis limbah cair sawit menjadi solusi bagi daerah-daerah yang tidak memungkinkan untuk ditarik jaringan listrik PLN dan sampai saat ini belum mendapat akses listrik PLN.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo menjelaskan bahwa, pemerintah telah menyediakan regulasi dan insentif yang cukup agar energi terbarukan dapat berkembang secara cepat, antara lain termasuk feed in tariff.

"Kementerian ESDM sedang memfinalisasi revisi kebijakan harga untuk biomassa agar dapat mempercepat implementasinya secara masif," ucap Susilo seperti dikutip dalam keterangannya, Jakarta, Minggu (21/9/2014).

Proyek percontohan (pilot project) PLT Biogas ini, mempunyai kapasitas terpasang sebesar 1 MW yang digunakan untuk mengalirkan listrik kepada 1.050 keluarga.

Menurut Susilo, kelebihan PLT Biogas berbasis limbah cair sawit antara lain siap beroperasi secara stabil selama 24 jam tidak dipengaruhi faktor cuaca, ramah lingkungan serta listrik yang dihasilkan relatif murah dibandingkan dengan pembangkit listrik berbasis BBM (genset diesel atau PLTD).

Pemanfaatan limbah biomassa menjadi energi dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

"Potensi biomassa saat ini sebesar 32.654 MW dan baru dikembangkan sebesar 1.716,5 MW," sebutnya.

Pengembangan pembangkit listrik berbasis bioenergi (biomassa, biogas, dan sampah kota) yang telah tersambung pada jaringan listrik (on-grid) sampai dengan tahun 2013 mencapai sekitar 90,5 MW, sedangkan yang tidak tersambung jaringan (off-grid) sekitar 1.626 MW. Pada tahun 2014, PLT bioenergi ditargetkan sebesar 56 MW dapat terhubung ke jaringan PLN.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini