Share

Jokowi Harus Umumkan Profil Menteri ESDM

Nina Suartika , Okezone · Minggu 21 September 2014 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 21 19 1042296 YQNSAgqb8L.jpg Jokowi Harus Umumkan Profil Menteri ESDM (Ilustrasi: Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Pengamat geopolitik ekonomi Global Future Institute, Hendrajit mengatakan skema terpenting untuk memberantas mafia migas yaitu mengenai profil menteri.

Menurutnya, presiden terpilih Joko Widodo harus mengumumkan profil menteri yang nantinya akan mengisi pemerintahan, khususnya menteri-menteri yang memegang jabatan strategis seperti ESDM.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Menteri-menteri yang nantinya akan dipilih harus memiliki trade record yaitu yang berintegritas, profesional dan harus punya penguasaan politik," kata Hendrajit dalam diskusi bertajuk Migas untuk Rakyat di galeri cafe, Cikini, Jakarta Pusar, Minggu (21/9/2014).

Menurut Hendrajit, seorang menteri harus memiliki penguasaan politik. Sehingga tidak akan ada kasus-kasus yang menimpa seperti di Kementerian ESDM. 

"Jangan seperti Jero Wacik yang jadi tumbal mafia. Dia mengerti soal kekuasaan tetapi menjadi kambing hitam dari para mafia migas, sehingga uang yang dia dapat sekitar Rp9,9 miliar itu sebenarnya hanya uang saku saja," kata Hendrajit.

Selain itu, lanjutnya, seorang menteri juga harus mempunyai totalitas dan impian yang terkait dengan kementerian yang ditempati.

"Misalnya saja orang tersebut memiliki keahlian di bidang migas dan dia bisa memperolehnya di ESDM. Jadi menteri itu tidak hanya yang berpendidikan tinggi tetapi juga harus orang-orang yang dituntut mempunyai panggilan jiwa," kata Hendrajit.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini