Share

PDIP Tak Bisa Lepas dari Megawati

Awaludin , Okezone · Minggu 21 September 2014 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 21 339 1042162 tGrxfrA3rI.jpg Puan, Jokowi, dan Megawati saat Rakernas IV PDIP (foto: Antara)
A A A

JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menilai Megawati Soekarnoputri adalah figur yang paling mampu menjaga soliditas PDIP. Karena itu, dia diusulkan untuk menjadi Ketua Umum lagi.

"Sebagai partai yang sudah lama bercokol di negeri ini, PDIP memiliki kader yang sangat banyak. Masalahnya, sosok Megawati menjadi tokoh sentral di partai serta menyandang keturunan Soekarno," kata Siti Zuhro kepada Okezone, Minggu (21/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, lanjut dia, Megawati memiliki wibawa di mata para elite dan kader di internal partai. Bahkan, Megawati dianggap yang bisa merepresentasikan partai dan tampil di antara partai-partai yang ada.

"Fenomena ini semakin mempertegas, bahwa partai tidak bisa dilepaskan dari peran sosok yang acapkali diposisikan sebagai patron," sambungnya.

Megawati dianggap sosok pemersatu yang bisa menyatukan elite PDIP. Namun, menurut Siti, anggapan-anggapan tersebut yang menyandera PDIP sulit melakukan regenerasi di internal. "Hal itulah yang menyandera PDI Perjuangan sulit melakukan regenerasi," pungkasnya.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini