Share

Langkah Hilangkan Khawatir sebagai Orangtua

Evi Elfira, Okezone · Senin 22 September 2014 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 196 1042518 jhyR0xXufW.jpg Keluarga (Foto: Boldsky)
A A A

Orangtua terkadang memiliki rasa cemas terhadap pergaulan anaknya. Perubahan zaman kian turut membawa perubahan terhadap pola pengasuhan orang tua. Untuk tetap bisa memberikan pengasuhan yang baik tanpa harus khawatir dan cemas, orang tua perlu melakukan beberapa langkah. Sebagaimana dilansir dari Boldsky, Senin (22/9/2014).

Ketahuilah hal yang bisa dan tidak bisa Anda kontrol

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui hal-hal yang bisa Anda kontrol dan beberapa hal lain yang tidak bisa Anda kontrol. Orang tua memiliki banyak pikiran yang tidak begitu diperlukan dan mencoba menemukan solusi untuk masalah yang tidak ada. Jika anak Anda gagal mendapat nilai baik, memarahinya bukan menjadi solusi yang baik. Sebuah kasus klasik mengenai hal yang tidak dapat dikontrol secara penuh oleh orang tua adalah kesehatan anak. Anda dapat membuat makanan sehat untuk anak-anak, namun sedikit demam mungkin bisa terjadi. Kecemasan yang tidak perlu pada faktanya dialami oleh para orang tua, terutama ketika anak merasa sakit. Meskipun mereka mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, Anda tidak bisa melakukan apa-apa. Kebijaksanaan adalah alat yang penting dalam menangani hal ini.

Membedakan rasa takut dengan fakta

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu membedakan rasa takut dengan fakta yang ada. Berhenti sejenak dan pikirkanlah penyebab Anda khawatir. Dengan pemikiran praktis, Anda akan benar-beanr menyadari bahwa dalam banyak kasus, banyak hal yang tidak perlu Anda khawatirkan.

Berhenti membandingkan

Kebanyakan orang tua membuat kesalahan besar dengan membandingkan anak, hal tersebut seharusnya tidak dilakukan. Hal ini dapat merusak pertumbuhan anak Anda. Sebagai orang tua, sangatlah penting menghargai anak dan membuat mereka menyadari bahwa mereka berarti dan bernilai.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini