Share

Demam IPO Alibaba

Fakhri Rezy , Okezone · Senin 22 September 2014 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 213 1042763 AVn96rvXO1.jpg Demam IPO Alibaba (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - Setelah Alibaba Group melakukan listing pada 19 September, tampaknya mereka telah menjual saham tambahan perusahaan. Hal ini membuat Alibaba menjadi perusahaan E-commerce China terbesar dalam sejarah.

Dalam laporan Reuters yang mengutip CNBC, Senin (20/9/2014), para bankir dari Alibaba telah melakukan Green Shoe dengan membeli tambahan 48 juta saham dari perusahaan untuk menutupi saham mereka yang dijual untuk memenuhi tingginya permintaan investor.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Opsi Green Shoe bertujuan untuk memperlambat penurunan atau kenaikan harga saham IPO dalam jangka waktu tertentu sebagai akibat adanya tekanan jual atau beli yang disebabkan oleh investor jangka pendek dan meningkatkan pasar yang teratur atas saham tersebut.

Adapun penentuan harga IPO Alibaba pada Kamis sekira USD68 per lembar saham. Tambahan saham ini ini menjadikan nilai IPO Alibaba menjadi USD25 miliar dari target sebelunya USD21,8 miliar. Angka tersebut melebihi IPO Agricultural Bank of China di tahun 2010 senilai USD22,1 miliar, serta listingnya ICBC di tahun 2006 senilai USD22 miliar.

Alibaba dan para pemegang saham menjual 320,1 juta American Depositary Shares (ADS) dalam penawarannya. Namun, menurut prospektus IPO, underwriters memiliki pilihan untuk menjual saham tambahan dari Alibaba, Yahoo Inc dan pendiri Alibaba Jack Ma dan Tsai Joe untuk memenuhi permintaan investor yang tinggi.

Alibaba mulai diperdagangkan di Bursa Efek New York pada hari Jumat 19 September waktu setempat, pergerakannya melonjak dengan keras sekira 38 persen ditutup pada USD93,89 per saham.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini