Share

MP3EI Hambat Perkembangan Maritim Indonesia

Selfiani Hasanah , Okezone · Senin 22 September 2014 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 320 1042807 sn8f70RuiW.jpg Ilustrasi jembatan. (Foto: BPJT)
A A A

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong percepatan infrastruktur di Indonesia. Oleh karena itu, proyek Master plan percepatan perekonomian Indonesia (MP3EI) pun diinisiatifkan.

Namun, ekonom asal Universitas Indonesia (UI), Faisal Basri, mengatakan MP3EI merupakan kumpulan proyek-proyek besar yang tidak pro terhadap rakyat. Menurutnya, proyek tersebut cenderung hanya pembagian jatah dari pemerintah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Jadi bagaimana kawasan timur Indonesia lumbung pangan, itu dikasih persusahan 1 juta hektar nah itulah model MP3EI itu, enggak ngurusin petani, enggak ngurusin rakyat, itu proyek besar yang dibagi-bagi," kata dia saat ditemui di Jakarta, Senin (22/9/2014).

"Jadi ini proyek yang puncak sesat pikir, jadi kalau anda buka halaman pertama itu jembatan selat sunda dua halaman proyek yang membuat Indonesia tidak tertolong karena kalau ada jembatan selat sunda akan melanggengkan dominasi darat," tutupnya.

Menurut dia, dengan adanya JSS maka pulau-pulau yang tadinya dipersatukan oleh laut menjadi terpisah oleh proyek pembangunan Selat Sunda. "Laut bukan pemisah pulau-pulau sehingga perlu dibangun jembatan, proyek sesat dan wajib dibatalkan," jelasnya.

"Proyek sesat yang harus dibatalkan, MP3EI itu adalah proyek yang memfasilitasi jembatan Selat Sunda, kalau enggak ada jembatan Selat Sunda enggak ada MP3EI itu, jembatan Selat Sunda bertentangan dengan jati diri kita sebagai negara maritim," ujarnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini