Share

Kualitas Pendidikan Diakui, Akreditasi Unimed Meningkat

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Senin 22 September 2014 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 373 1042590 ReHYjxnZRT.jpg Kualitas Pendidikan Diakui, Akreditasi Unimed Meningkat (Foto: dok. Unimed)
A A A

JAKARTA - Kualitas pendidikan Universitas Negeri Medan (Unimed) mendapatkan pengakuan dari badan akreditasi nasional. Program Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang dirilis akhir Agustus lalu menyebut kampus asal Kota Medan itu meraih akreditasi dari C menjadi B.

Kabar tersebut diperoleh bersamaan dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) Akreditasi Institusi Unimed dari BAN-PT pada 19 September 2014 dengan Nilai B (Baik). Proses Akreditasi Institusi Unimed yang telah dilaksanakan oleh BAN-PT pada 11-13 Juli 2014, dengan Tim Assesor melakukan visitasi assesmen lapang ke Unimed yaitu Prof Dr Ir Moh. Nasikin dari Universitas Indonesia (UI), Prof Dr Budu dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Azwar Ananda dari Universitas Negeri Padang (UNP) dan Prof Dr Sugiyono dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Suatu proses yang panjang telah dilakukan oleh pimpinan Unimed dan tim SPMI dalam merencanakan, menyusun seluruh dokumen borang dan pendukungnya serta persiapan visitasi yang cukup melelahkan seluruh civitas akademika Unimed. Rektor Unimed Prof Dr Ibnu Hajar mengatakan, dengan keluarnya SK dari BAN-PT di Jakarta, maka telah sah Institusi Unimed meraih nilai B, yang sebelumnya dengan nilai C.

"Ini semua sungguh hasil dari kerja keras seluruh Pimpinan, Tim task force Institusi dan seluruh civitas akademika Unimed, karena telah bekerjasama bahu-membahu dan bertanggungjawab terhadap tugas masing-masing, sehingga telah menghantarkan Unimed meraih nilai akreditasi institusi menjadi B. Kita semua civitas akademika Unimed harus bersyukur dan bangga karena kerja keras yang telah kita laksanakan telah mengangkat akreditasi institusi Unimed menjadi B," ujar Ibnu, seperti dilansir laman Unimed, Senin (22/9/2014).

Ia melanjutkan, civitas akademika Unimed harus lebih berpikir maju ke depan dan bekerja keras lagi agar lima tahun ke depan akreditasi institusi Unimed bisa meraih A. Tidak ada hal yang tidak mungkin diraih jika terus bekerjasama dan giat bekerja keras, pasti bisa menghantarkan Unimed meraih akreditasi institusi menjadi A.

"Semoga dengan meraih nilai akreditasi institusi Unimed ini meningkat menjadi B, akan membawa keberkahan dan kemajuan Unimed dalam mencapai visi dan misi yang telah dicanangkan bersama yaitu menjadi Universitas yang Unggul dalam bidang Pendidikan, Rekayasa Industri dan Budaya," ucapnya.

Lanjut Ibnu, pihaknya telah mengambil kebijakan yang mendukung tercapainya nilai akreditasi institusi Unimed ini, yaitu memberdayakan dan berbasis program studi (prodi) dalam semua kegiatan, serta mencanangkan peningkatan akreditasi semua prodi di lingkungan Unimed menjadi meningkat, prodi yang telah meraih akreditasi B harus menjadi A, sedangkan yang akreditasinya masih C harus meningkat menjadi B. Dari realitas yang ada, semua prodi di lingkungan Unimed telah meningkat nilai akreditasinya sesuai harapan bersama.

"Kita ketahui bersama, pemerintah Indonesia telah mengambil kebijakan dan akan diikuti oleh lembaga swasta lainnya yaitu nilai akreditasi institusi dan akreditasi prodi menjadi satu acuan dalam setiap penerimaan pegawai negeri dan pegawai honor. Serta pendanaan dalam program-program hibah pemerintahan juga telah berbasis nilai akreditasi institusi perguruan tinggi," kata Ibnu.

Ibnu berharap, semoga kabar baik yang membanggakan ini akan membawa seluruh civitas akademika Unimed untuk terus berkarya dan berkreativitas dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga akan menghantarkan Unimed menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul, Jaya dan Lebih Baik. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini