Share

Jaga Lingkungan, Undip Edukasi 1.145 Siswa

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Selasa 23 September 2014 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 373 1042731 cpB7HLQnlI.jpg Jaga Lingkungan, Undip Edukasi 1.145 Siswa (Foto: dok. Undip)
A A A

JAKARTA - Lingkungan hidup harus dijaga oleh siapa saja dan tidak mengenal usia. Jika di suatu tempat mendapati lingkungannya tercemar, maka sikap inisiatif yang harus ditumbuhkan untuk peduli akan lingkungan.

Sejalan dengan hal itu, sebanyak 35 mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) dari berbagai fakultas di lingkungan Undip bekerjasama dengan Koalisi Pemuda Hijau Indonesia Regional Jawa Tengah (KOPHI) melaksanakan acara Metamorph or Green Action di SMK Negeri 1 Kendal yang diikuti peserta sebanyak 1.145 pelajar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kepala Divisi Media dan Komunikasi KOPHI Jateng Temmy mengungkapkan, acara ini bertujuan untuk mempersiapkan para pelajar dalam mengelola lingkungan sekitarnya dan pembinaan bagi pihak sekolah dalam pembentukan sekolah adiwiyata. Diharapkan dengan jumlah peserta yang sebanyak itu dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan, serta menularkan ilmu yang didapatkan secara meluas.

"Sebanyak 40 praktik pengalaman lapangan (PPL) dan 50 volunteer atau sukarelawan dari berbagai kampus di wilayah Jawa Tengah ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Undip sendiri menerjunkan 35 volunteer untuk berbagi ilmu sekaligus mengedukasi kepada pelajar mengenai cara dan bagaimana menjaga lingkungan," ujar Temmy, seperti dilansir laman Undip, Selasa (23/9/2014).

Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) itu melanjutkan, kegiatan seperti ini mendorong pelajar untuk mengimplementasikan ilmu yang dipelajari secara nyata dan relevan untuk nantinya di kehidupan bermasyarakat.

"Kami berharap dengan jumlah peserta sebanyak ini berbanding lurus dengan kualitas yang didapatkan, sehingga dapat menularkan virus positif untuk hijaunya Indonesia,” ucapnya.

Beberapa materi yang diberikan dalam acara Metamorph or Green Action di antaranya yaitu biopori, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sampah, Tanaman Obat keluarga (TOGA), dan Vertical Garden. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini