Share

Single Baru Sub Grup SNSD Hasil Plagiat?

Christine Hermelina, Okezone · Selasa 23 September 2014 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 386 1042764 aus9tfwhT4.jpg Single Baru Sub Grup SNSD Hasil Plagiat? (Foto: Soompi)
A A A

SEOUL – Kabar kurang sedap datang dari sub grup SNSD, TaeTiSeo (TTS). Trio yang baru kembali pada 16 September 2014 dengan album mini baru tersebut diisukan telah melakukan aksi plagiat untuk lagu baru mereka, Holler.

Menurut pemberitaan media Korea Selatan, Naver, Holler memiliki kemiripan dengan salah satu lagu milik penyanyi wanita Jepang, Mizrock, berjudul Hello Me!, yang dirilis pada 2007 silam. Kontroversi melejit ketika diketahui bahwa pihak agensi TTS, SM Entertainmnet, tidak memberi keterangan bahwa Holler merupakan lagu yang diproduksi ulang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dilansir Korean Music Copyright Group, Holler merupakan hasil karya komposer Ength Anna Sara Christina dan Bostrom Fredrik Hakan. “Komposer memberikan lagu yang sama untuk TTS dan artis Jepang.” Terang SM Entertainment.

Pihak SM Entertainment juga menegaskan bahwa Holler dan Hello Me! merupakan dua lagu berbeda, berhubung struktur lagu Holler telah diubah seutuhnya. “Holler merupakan lagu yang diproduksi kembali setelah semua strukturnya diubah. Kami, juga artis Jepang, berhak menggunakan basic dari lagu tersebut.” Tambah SM Entertainment seperti dilansir Kpopstarz, Senin (22/9/2014).

Menurut publikasi media Korea, memproduksi ulang sebuah lagu seperti yang dilakukan SM Entertainment untuk Holler merupakan hal biasa dalam industri musik. Dengan menggunakan sistem yang serupa SM juga telah memproduksi ulang sejumlah lagu artisnya, seperti Spell milik TVXQ dan You’re Like Oxygen juga Juliet milik SHINee.

Di samping isu plagiat, saat ini TTS tengah sibuk mempromosikan album baru mereka. Taeyon, Tiffany, dan Seohyun yang terkenal dengan gaya menawan dan kemampuan menari menegaskan bahwa mereka ingin dikenal sebagai artis yang bersinar.

“Fokus kami saat ini tak hanya menarik secara visual, tapi juga vokal. Kalian dapat mendengarkan dan tetap merasa terhibur, mendapat energi juga terinspirasi. Dengan SNSD kalian melihat kostum, sepatu, semuanya dikenakan bersama. Dengan Holler kalian hanya perlu mendengarkan dan berkata ‘Wow, ini menyenangkan’,” kata Tiffany ketika diwawancarai Billboard.

(rnp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini