Share

Kisah Kehadiran Menara Minuchir Mosque di Turki

Dewi Kania, Okezone · Senin 22 September 2014 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 407 1042859 HhWzE0s0cH.jpg Kisah Kehadiran Menara Minuchir Mosque di Turki (Foto:Atlasobscura)
A A A

JAUH di gurun pasir yang melekat Turki terdapat sisa runtuhan masjid berupa menara yang kokoh sejak seribu tahun silam. Menara tersebut menjadi bukti Minuchir Mosque of Ani yang megah di zamannya.  

Menara itu merupakan pengingat masa kejayaan kota metropolis di abad ke-11 dengan jumlah populasi 100 ribu jiwa. Kala itu kota Ani menjadi pusat kerajaan kuat dari Armenia dan Turki Timur.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kawasan tersebut menjadi pusat perdagangan dan memiliki keragaman budaya, namun rentan dari serangan musuh. Dikutip Atlas Obscura, walau hanya satu menara, masih ada beberapa ruang untuk menunaikan shalat dengan khusyuk.

 

Di tahun 1064, penguasa kota itu mampu menaklukkan musuh dengan bantuan masyarakat Kaukakus. Banyak kasus perbudakan dan pembunuhan terhadap orang Turki.

 

Kini penduduk kota itu banyak dihuni umat Kristen dan umat Muslim mulai memadati jantung Turki. Sayangnya, abad 13 terjadi kerusuhan yang mengakibatkan Minuchir Mosque hancur.

 

Para musuh hanya menyisakan satu menara yang utuh sebagai peninggalan sejarah. Diduga mulai abad 20, masjid tersebut diyakini sebagai tempat penyimpanan artefak seorang arkolog dari Rusia.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini