Share

Kurangi Risiko Penyakit Jantung Wanita Baiknya Lakukan Ini

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 22 September 2014 13:28 WIB
$detail['images_title']
Wanita berolahraga (Foto: Fitnessinformative)

MENURUT American Heart Association, penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu bagi perempuan di atas usia 25 tahun. Penyakit ini merengut setengah juta jiwa wanita setiap tahunnya.

 

Selain itu, sekira 64 persen dari wanita meninggal mendadak akibat serangan jantung yang tidak memiliki gejala sebelumnya. Oleh karena itu, wanita perlu meningkatkan kesehatan jantung dengan melakukan hal-hal seperti yang dikutip Prescottdailycourier, Senin (22/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Periksa tekanan darah rutin

 

Tekanan darah yang tinggi dikatakan sebagai penyakit silent killer, karena sering tidak menunjukkan gejala. Anda tidak perlu mengunjungi dokter, karena bisa mengecek tekanan darah sendiri menggunakan alat tensi darah.

 

Berolahraga teratur

 

Berolahraga seperti berjalan kaki akan memperkuat otot jantung, meningkatkan sirkulasi darah, oksigenasi sel, mengurangi sel dan membuat tidur lebih nyenyak. Berolahraga 30 sampai 60 menit minimal lima hari seminggu akan menjaga kesehatan dan kebugaran Anda.

 

Ukur lingkar pinggang

 

Ukuran pinggang bisa menunjukkan bahwa Anda telah mengalami obesitas yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, Anda harus menjaga agar ukuran lingkar pinggang tidak lebih dari 35 inci agar terhindar dari penyakit jantung dan diabetes.

 

Periksa indeks massa tubuh

 

Mengurangi berat badan dalam kondisi obesitas akan memberikan manfaat yang luar biasa, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung. Anda harus memiliki massa otot yang sesuai dengan umur, jenis kelamin, tinggi dan berat badan diperlukan untuk kesehatan yang optimal.

 

Periksa kolesterol

 

Mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh sangatlah penting untuk mengetahui seberapa besar risiko Anda terhadap penyakit jantung. Namun, tidak cukup mengetahuinya, tetapi juga menjaga tetap normal dengan pola diet sehat dan seimbang.

 

 

(ren)