Share

Ladies, Ini Dampak Pemakaian Maskara Kadaluarsa

Restika Ayu Prasasty, Okezone · Selasa 23 September 2014 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 23 195 1043109 kEsr3VF1wn.jpg Hati-hati pakai maskara kadaluarsa (Foto: Dailymail)
A A A

MASKARA  tidak hanya dapat melebatkan bulu mata dan menyembunyikan tanda-tanda kelelahan, tapi juga mendatangkan malapetaka bagi penglihatan Anda.

 

Survei baru mengungkapkan bahwa para wanita berisiko terkena infeksi mata parah dengan menggunakan maskara yang sudah kadalauarsa sepuluh tahun.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Banyak wanita yang tidak mengetahui bahwa, umur pemakaian maskara hanya empat bulan, akibatnya sekira 70 persen wanita secara teratur menggunakan maskara dan eyeliner untuk lebih lama dari waktu tersebut.

 

Para peneliti juga menemukan bahwa dua pertiga wanita menggunakan maskara yang berusia lebih dari satu tahun, dan beberapa bahkan terus memakai maskara yang sama sampai sepuluh tahun. Sedangkan seperlima responden bahkan tidak menyadari bahwa makeup memiliki tanggal kadaluarsa pemakaian.

 

Spesialis di grup rumah sakit mata Optegra, yang melakukan penelitian ini, memperingatkan bahwa produk makeup basah seperti maskara yang diaplikasikan dekat dengan permukaan mata merupakan tempat berkembang biak bagi bakteri.

 

Konsultan ahli bedah mata Anna Maino pun memberi saran agar terhindar dari infeksi mata, "Cari (maskara dengan) simbol jar kecil terbuka dengan angka yang menunjukkan berapa bulan harus digunakan setelah sekali dibuka.

 

"Kami sarankan semua wanita untuk memeriksa tas makeup mereka. Kemudian lakukan kebaikan untuk mata mereka dan singkirkan (makeup) apa pun yang kadalauarsa, terutama jika berbau.

 

"Kosmetik biasanya mengandung pengawet untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri, tetapi menyimpan (kosmetik) di tempat yang panas akan mempermudah bagi bakteri untuk berkembang. Lakukan kebiasaan kebersihan yang baik dengan mengasah pensil mata setelah diaplikasikan, mencuci sikat secara teratur, dan membuang makeup lama."

 

Kapan harus membuang makeup?

- Maskara dan eyeliner cair - buang setelah empat bulan

- Foundation cair dan eye shadow krim - buang setelah enam bulan

- Eye shadow bubuk - 12 bulan

- Eyeliner pensil, lip liner, perona pipi/bronzer bubuk - bisa bertahan sampai dua tahun tapi jangan pernah berbagi dengan orang lain!

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini