Share

Jokowi Naikkan BBM, SBY Sudah Siapkan Dana Kompensasi Rp5 T

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Selasa 23 September 2014 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 23 20 1042970 E7bYZtuceU.jpg Jokowi Naikan BBM, SBY Sudah Siapkan Dana Kompensasi Rp5 T (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - Menteri Keuangan Chatib Basri mengungkapkan jika pemerintahan baru ingin menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di bulan November 2014, pemerintah sudah menyiapkan dana anggaran untuk kompensasi di APBN-Perubahan 2014.

"Dana kompensasi di APBN-P 2014 Rp 5 triliun untuk tiga bulan, saya baca koran katanya ada wacana naikan BBM di November 2014. Kalau dinaikkan kan harus ada dana kompensasi untuk November dan Desember," ujar Chatib di Gedung DPR, Jakarta semalam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kalau naik tahun depan kan masih ada sisa kebutuhan untuk dana kompensasi nah itu kita anggarkan Rp5 triliun," sambungnya.

Menurutnya, kalau pemerintah yang mendatang memutuskan naikan harga BBM subsidi pada bulan November, mereka tidak perlu ke DPR lagi.

"Supaya pemerintahan baru putuskan, dia enggak perlu ke DPR, sehingga lebih mudah kerjanya," kata Chatib.

Chatib menegaskan, kebijakan menaikan harga BBM subsidi itu memang harus dilakukan, karena akan menekan defisit anggaran.

"Menurut saya, harga BBM subsidi itu harus naik. Harga BBM naik itu juga bagus.  Logikanya kalau BBM naik, defisit kecil akan kecil, utang kecil juga karena sedikit impor," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini