Share

LPS Masih Punya Cadangan Pembeli Bank Mutiara

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Selasa 23 September 2014 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 23 457 1043254 DDNmd6Aepu.jpg LPS Masih Punya Cadangan Pembeli Bank Mutiara (Ilustrasi: Okezone)
A A A

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah memilih J Trust Co Ltd untuk membeli sebanyak 99,99 persen saham PT Bank Mutiara Tbk (BCIC). Lalu kenapa LPS hanya memilih satu calon untuk lakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)?.

"Kalau dua enggak memungkinkan jadi harus satu dulu. Kita sudah diskusi dengan OJK sebaiknya satu dulu jadi calon investor pemenang saja yang masuk, kalau enggak nanti bisa confusing," ucap Kepala Eksekutif LPS Kartika Wirjoatmodjo di Hotel Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Meski demikian, jika nantinya J Trust Co Ltd gagal di fit and proper test, maka LPS akan mengajukan nama baru ke OJK. Kartika memaparkan, alasannya yakni jika memilih banyak investor harus mengadakan RUPS dan membutuhkan waktu diumumkan kepada media.

" Untuk lakukan fit and proper itu kita harus umumkan di media, dan sudah dilakukan, lalu harus ada RUPS ke pengalihan saham tapi itu conditional, kan enggak mungkin RUPS buat dua investor. Diumumkan 18 Oktober, lalu 20 RUPS tapi conditional," paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, meskipun saham Bank Mutiara sudah dipegang 99,996 persen oleh J Trust Co Ltd, namun LPS masih memegang saham sisanya yang ada di publik.

"Tapi kami pegang 99,996 sisanya ada di publik. Tapi lagi diskusikan dulu dengan KSEI bagaimana kalau dialihkan juga sisanya ke depan. Tapi ini dalam proses ke pembeli juga, tapi harus ada regulasinya di pasar modal," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini