Share

Kota Mandiri, 100% Energi Ramah Lingkungan

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Selasa 23 September 2014 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 23 474 1043177
A A A

POLANDIA - Sebuah kota kecil di Polandia, Kisielice berhasil menghidupkan kota dengan menggunakan energi yang berasal dari alam alias energi terbarukan.

Dilansir dari Inhabitat, Selasa (23/9/2014) Atas prestasinya ini, kota yang berpenduduk hanya 2.222 jiwa ini mendapat penghargaan dari European Commission ManagEnergy Award 2014, mengingat hampir 90 persen rakyat Polandia masih bergantung dari energi batu bara.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kisielice merupakan sebuah kota hijau yang dikelilingi oleh lahan pertanian yang subur. Penduduk kota ini hidup sehari-hari dengan menggunakan energi angin dari 48 turbin dengan kapasitas 82 MW. Sebuah boiler biomassa berkapasitas 6MW ini dapat memasok panas hingga 85 persen bangunan di kota ini. Jika musim panas tiba, limbah panas dari pabrik dialirkan untuk memanaskan air di panas ke kota. Dan, hebatnya lagi, pada Desember tahun lalu, kota ini berhasil membangun pembangkit listrik biogas pertama yang berasal dari jagung.

Proyek kota mandiri dari segi energi ini dirancang pemerintah setempat untuk mengurangi emisi karbon yang ada di kota ini. Kota ini juga ingin melepaskan ketergantungan mereka dari batu bara, agar bisa meningkatkan kualitas udara dan meningkatkan produksi pertanian lokal. Agar petani makin bersemangat, petani yang memiliki lahan yang tidak terpakai, akan dibayar 5.000 euro untuk membangun turbin.

Selain itu, pemerintah kota setempat juga makin gencar membangun turbin-turbin untuk sumber energi. Yang terbaru, sebuah turbin dibangun lagi dengan kapasitas 24 MW. Nantinya, setiap bangunan di kota ini akan dipasangi tiga set panel fotovoltaik dengan kapasitas 10 KW. Ini bertujuan agar semua pencahayaan di kota ini lebih hemat energi.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini