Share
Advertisement

Pesawat Luar Angkasa India Tiba di Orbit Mars

Ahmad Luthfi , Jurnalis-Selasa 23 September 2014 10:01 WIB
Pesawat Luar Angkasa India Tiba di Orbit Mars (Foto: stuff.co.nz)
Pesawat Luar Angkasa India Tiba di Orbit Mars (Foto: stuff.co.nz)
A
A
A
NEW DELHI - Tidak hanya badan antariksa Amerika Serikat, NASA dan China yang unggul soal teknologi dan mengungkap misi luar angkasa, tetapi juga India. India memiliki misi luar angkasa dengan meluncurkan pesawat luar angkasa mereka ke Mars.

Dilansir Stuff.co.nz, Selasa (23/9/2014), pesawat luar angkasa buatan India ini kabarnya masuk ke orbit Mars pada Rabu pukul 2.11pm, waktu Selandia Baru. Pesawat luar angkasa yang dinamakan Mangalyaan ini menembakkan roket selama 24 menit untuk memperlambat lajunya saat memasuki orbit Mars.

Ini merupakan misi peluncuran pesawat luar angkasa pertama yang dilakukan India. Tidak ada negara yang sukses menerbangkan pesawat luar angkasanya dengan satu kali percobaan penerbangan.

Akan tetapi, pesawat luar angkasa India berhasil mencapai orbit Mars dalam satu kali peluncuran. Armada antariksa India ini bergabung dengan tiga pesawat luar angkasa lainnya, yakni dua milik Amerika Serikat (NASA) dan satu milik Eropa yang mengorbit Mars.

Khusus NASA, mereka baru-baru ini berhasil menempatkan pesawat luar angkasa Maven di orbit Mars. Maven telah menempuh perjalanan 711 juta kilometer dalam waktu hampir satu tahun.

Tujuan dari penjelajahan planet ini ialah mengeksplorasi bagian atas atmosfer Mars, yakni ionosphere dan interaksinya dengan Matahari serta angin surya (solar wind). Dinamakan pesawat luar angkasa Maven, yang merupakan kepanjangan dari Martian Atmosphere and Volatile Evolution.

Ilmuwan meyakini, atmosfer Mars memegang petunjuk terkait bagaimana planet berubah dari hangat dan basah miliaran tahun lalu menjadi dingin dan kering saat ini. Ilmuwan juga percaya bahwa pada awal waktu setelah terbentuknya, Mars mendukung kehidupan mikroba.

(ahl)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement