Share
Anggota DPRD Gadaikan SK

Mengapa SK Anggota DPRD yang Dijadikan Jaminan?

Oris Riswan , Okezone · Rabu 24 September 2014 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 24 340 1043465
A A A

BANDUNG - Anggota DPRD Jawa Barat ramai-ramai menggadaikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan ke Bank Jabar Banten (BJB). Sebagai jaminan, yang bersangkutan wajib menyerahkan SK-nya di BJB.

 

Pimpinan Grup Humas BJB, Jadi Kusmaryadi, menjelaskan, SK memang tidak bisa diperjualbelikan, namun setidaknya dokumen itu menjadi jaminan agar anggota dewan tidak “menyekolahkan” SK mereka ke bank lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Yang ditahan SK karena tidak tertutup kemungkinan melakukan hal sama (menggadaikan SK) ke bank lain,” terang Jadi saat dihubungi Okezone.

Saat disinggung soal nilai ekonomis SK, dia membenarkan bahwa SK tidak memiliki nilai jual seperti rumah atau kendaraan. "SK itu tidak bisa diperjualbelikan. Secara nominal juga tidak ada harganya,” tegasnya.

Jadi mengatakan, penyerahan SK juga tercantum dalam salah satu poin kerja sama antara BJB dan Bendahara DPRD Provinsi Jawa Barat. “Yang penting itu kerja samanya,” tuturnya.

Pengajuan kredit dari anggota dewan pun tidak akan langsung disetujui. BJB akan melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum mengucurkan uang.

"Di kita ada parameternya, dari total gaji juga tidak boleh 100 persen diangsurkan (untuk membayar cicilan),” tutur Jadi.

Soal adakah anggota DPRD yang pengajuan kreditnya ditolak, Jadi mengaku tidak mengetahui persis. Namun pihaknya punya hak untuk menerima atau menolak pengajuan kredit dari anggota dewan.

“Kalau tiba-tiba dia mengajukan (kredit) ke BJB dan (dinilai) tidak layak, pasti ditolak," ujarnya.

Sementara jika anggota DPRD di-PAW atau meninggal dunia, Jadi menyatakan pihaknya punya langkah khusus.

“Yang jelas kami punya langkah mitigasi risiko ketika terjadi PAW, meninggal dunia, dan segala macam sudah kami siapkan,” pungkasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini