Share

Jakarta Timur Bakal Punya Pusat Industri Kreatif Pertama di RI

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Rabu 24 September 2014 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 24 471 1043474 bPdfiCgb3Y.jpg
A A A

JAKARTA - Perusahaan pengembang PT Eureka Prima bersama Fakultas Design Dan Seni Kreatif Universitas  Mercubuana (UMB) menandatangani kesepakatan untuk membangun pusat industri kreatif pertama di Indonesia di Jakarta Timur. Rencananya, pusat industri yang berbentuk superblok ini akan dibangun di atas lahan seluas 21 hektare (Ha) dengan nama Eureka Township.

"Kami ingin membangun tempat khusus bagi pertumbuhan industri kreatif seperti pusat kuliner, showroom untuk seni potografi, galeri, ruang pertunjukkan, studio bagi industri rekaman dan televisi, dll. Konsepnya semua komunitas dalam industri kreatif yang tengah berkembang ke depan ada disatu lokasi,” jelasnya. Sehingga nantinya selain apartemen, perkantoran, hotel dan mal, kawasan superblock Eureka Township juga memiliki pusat industri kreatif pertama di Indonesia," kata Presiden Direktur PT Eureka Prima, Lukman Purnomosidi yang dikutip dari keterangan tertulis perusahaan, Rabu (24/9/2014).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lukman menuturkan, telah menyiapkan investasi sebesar Rp3 triliun untuk membangun proyek ini. Ia menilai, saat ini pesatnya perkembangan industri kreatif di Indonesia, tak dibarengi dengan kelengkapan insfrastruktur ruangan dan sumberdaya yang mumpuni untuk mendukung perkembangannya.

"Nah, Untuk mengembangkan kawasan tersebut perseroan kemudian menjalin kerjasama dengan Fakultas Design dan Seni Kreatif Universitas Mercubuana, Jakarta. Mercubuana memiliki 26.000 mahasiswa dan merupakan universitas pertama di Indonesia yang memiliki fakultas design dan seni kreatif. Eureka menyediakan ruang untuk mahasiswa dan lulusan Mercubuana untuk berkreasi sesuai keahlian masing-masing," tambah lukman.

Rektor Universitas Mercubuana, Dr. Arissetyanto Nugroho MM, menyambut baik rencana pengembangan pusat Industri Kreatif di kawasan Eureka Towship. UMB jelasnya akan menyiapkan  sumberdaya manusia guna mengantisipasi kebutuhan bagi Industri  kreatif di Indonesia. Arissetyanto berharap, kawasan Eureka Towship mampu menjembatani gap akan kebutuhan ruang untuk mendukung industri kreatif yang saat ini tengah berkembang pesat.

Eureka Township merupakan kawasan superblok terintegrasi yang terletak di Bambu Apus, Jakarta Timur, yang berdampingan langsung dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Proyek ini nantinya terbagi dalam empat tahap. Tahap pertama, seluas 2,8 hektar dengan perkiraan investasi sekitar Rp3 triliun.

Saat ini desainnya sudah dirampungkan oleh Dr Marcia Codinachs, arsitek yang juga menggarap beberapa proyek internasional seperti Marina Hemingway (Kuba), Burj Tower dan Spanish Tower (Dubai).  Tahap pertama terdiri dari delapan tower. Empat tower apartemen, selebihnya perkantoran dan hotel.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini