Share

Jokowi Sesumbar Bangun Tol Laut dalam 3 Tahun

Isnaini , Okezone · Minggu 28 September 2014 21:57 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 28 320 1045571 dpRYqLTgcO.jpg Ilustrasi jalan tol. (Foto: BPJT)
A A A

JAKARTA -Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) begitu percaya diri dapat menjadikan Bangsa Indonesia menjadi lebih baik di bawah kepemimpinannya. Bahkan Gubernur DKI Jakarta itu sesumbar dapat menyelesaikan proyek tol laut dalam waktu singkat dan tanpa menggunakan dana APBN.

 

"Setelah hitung-hitung, untuk tol laut butuh pelabuhan laut dalam dan biasa sebanyak 24 dengan dana Rp60 triliun," kata Jokowi dalam pembubaran Kelompok Kerja Tim Transisi di Rumah Transisi, Jakarta Pusat, Minggu (28/9/2014) malam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kalau pakai APBN lima sampai 10 tahun tidak akan selesai. Setelah cek kondisi kita bisa selesaikan tiga sampai empat tahun ke depan," tambah dia.

 

Menurutnya, untuk memuluskan proyek tersebut tanpa menyentuh APBN, Jokowi membeberkan sumber dana yang memungkinkan dapat menyokong proyek tersebut. Di antaranya, dengan bekerja sama dengan investor lokal maupun investor asing.

 

"Kita hanya gunakan payung. Bisa dengan kerjasama dengan investor lokal. Karena ini besar, kalau investor lokal tidak mampu, baru kita berikan pilihan kepada investor luar. Saya kira pilihan kita seperti itu," jelasnya.

 

Selain itu, Jokowi mengatakan Indonesia swasembada pangan dalam kurun waktu tiga tahun. Kendati demikian, Jokowi mengakui untuk kecukupan bahan pokok kedelai dan daging, masih membutuhkan waktu yang panjang.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini