Share

Masjid dari Putih Telur di Medan Sunggal

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014 04:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 30 408 1046516 yEvZ6phK6h.jpg Masjid dari Putih Telur di Medan Sunggal (Foto:sondotrijaya)

JIKA bosan kehidupan pusat kota Medan, kini saatnya melipir ke kawasan Medan Sunggal yang memiliki segudang destinasi religi.  

Kawasan di pinggir ibu kota Sumatera Utara ini menyisakan bangunan sejarah adat Melayu, seperti rumah ibadah Masjid Datuk Badiuzzaman. Konon, masjid itu dibangun dari konstruksi putih telur .

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Ya, benar di Medan Sunggal ada masjid tua. Menurut sejarah, masjid itu dibuat dari putih telur. Pas saya mampir dulu ada simbol plang yang memberi keterangan bukti itu," ungkap Travel Blogger Christanto saat dihubungi Okezone, belum lama ini

 

Arsitektur masjid tersebut ternyata mengusung gaya rumah adat Melayu dan memiliki atap berbentuk limas, tanpa kubah bulat yang terlihat. Masjid tersebut tercatat dibangun 1885.

 

Tidak hanya masjid, ada juga ruang ibadah umat Nasrani berada di kawasan itu. Untuk melengkapi perjalanan, wajib meilipir menyaksikan gedung gereja megah yang bentuknya mirip kuil di India.

 

"Ada Gereja Annai Velangkani gak jauh dari masjid. Gak disangka-sangka arsitekturnya mirip kuil-kuil di India," imbuhnya

 

Sempatkanlah main ke Medan Sunggal jika memiliki waktu liburan yang lama di Sumatera Utara. Dijamin tak sia-sia menghabiskan waktu di kawasan tersebut.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini