Share

PM Spanyol: Referendum Catalonia Tak Akan Terjadi

Andreas Gerry Tuwo , Okezone · Selasa 30 September 2014 06:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 30 414 1046137 UeHdusiZmt.jpg PM Spanyol: Referendum Catalonia Tak Akan Terjadi (Foto:Reuters)
A A A

MADRID - Desakan warga Catalonia agar referendum di wilayah tersebut bisa terlaksanan pada 9 November 2014, nampaknya akan menemui hambatan besar. Pasalnya, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy, kembali menunjukkan tentangannya terhadap tuntutan warga Catalonia tersebut.

"Referendum itu tidak akan pernah terjadi, karena hal tersebut jelas-jelas mencederai konstitusi Spanyol," sebut Rajoy seperti dikutip dari NY Times, Selasa (30/9/2014).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Mahkamah konstitusional saya pastikan juga akan menolak permohonan ini," tegas dia.

Pernyataan Rajoy tersebut merupakan respons dari penadatanganan dekrit tuntutan oleh sejumlah Pemimpin Catalonia. Mereka menyatakan referendum harus dilaksanakan pada 9 November 2014.

Dalam pernyataan lanjutan, Rajoy menuding, Presiden Catalonia, Artur Mas telah melakukan perbuatan tak bertanggungjawab. Ditegaskannya, kedaulatan dari Spanyol tidak bisa dipisahkan.

"Tidak ada satu orang pun yang bisa menghilangkan hak warga Spanyol mengenai negara ini," sambungnya.

"(Referendum) itu melanggar hukum dan langkah demokrasi, memisahkan catalonia akan menjauhkan mereka dari Eropa dan menyakiti hal baik yang sudah wilayah ini bangun," pungkas dia.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini