Share

BI Belum Tanda Tangan Dokumen ASEAN-ABIF

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Selasa 30 September 2014 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 30 457 1046442 milrk7nKW1.jpg BI Belum Tanda Tangan Dokumen ASEAN-ABIF (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - Meskipun tengah masuk tahap finalisasi, Bank Indonesia (BI) menyatakan masih belum menandatangi dokumen ASEAN Banking Integration Framework (ABIF). Pasalnya masih ada beberapa asas resiprokal yang belum sesuai dengan keinginan BI.

Direktur Departemen komunikasi BI Peter Jacobs mengatakan Indonesia belum akan tanda tangan sepanjang apa yang diinginkan BI belum dipenuhi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Indonesia belum tanda tangan dan sepakati, sepanjang apa yang diminta dipenuhi kita akan tandatangan. Gubernur bank sentral negara lain sudah menyampaikan endorsmen, tapi kita belum," ungkapnya di Gedung BI, Selasa (30/9/2014).

Dirinya mencontohkan hal yang membuat Indonesia belum menyepakati adalah kemudahan memberikan izin membuka akses bank. "Misal kita kasih bank Malaysia masuk ke sini lima, kita juga boleh dong masuk ke Malaysia lima bank, hal-hal seperti ini yang belum ada kesepakatan," ucap Peter.

Namun pihaknya tidak menyebutkan sampai kapan proses penyepakatan itu berakhir. Dirinya hanya mengatakan sebelum adanya kepastian, Gubernur BI belum akan mengendors dokumen ABIF tersebut.

"Masih ada beberapa hal yang harus dipastikan dulu sebelum kita tanda tangani, selama belum statisfie, pak Gubernur belum mau," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini