Share

HU2, Stiker Pintar Ajakan Hemat Energi di Rumah

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Selasa 30 September 2014 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 30 477 1046422 mUECRvRc45.jpg HU2, Stiker Pintar Ajakan Hemat Energi di Rumah (Foto : Inhabitat)
A A A

PARIS - Ada-ada saja yang dilakukan untuk orang untuk mengkampanyekan gerakan hemat energi di rumah. Sebuah studio desain asal Perancis menciptakan sebuah stiker unik yang bisa ditempelkan di rumah untuk mengkampanyekan gerakan ini. Seperti apa?

Dilansir dari Inhabitat, Selasa (30/9/2014) stiker ini diberi nama HU2. Stiker ini di desain dengan menggunakan gambar-gambar unik yang berfungsi untuk mengingatkan gerakan hemat energi di rumah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Salah satunya stiker bergambar gedung yang mengeluarkan asap CO2. Stiker ini bisa dipasang di atas saklar lampu sebagai pengingat bagi orang untuk jangan lupa mematikan lampu pada saat tidak digunakan agar mengurangi emisi CO2. Tidak hanya unik, stiker-stiker inspiratif ini pun dijual relatif sangat murah, yakni hanya USD1 atau Rp12 ribuan saja.

Stiker ini diciptakan berawal dari penelitian yang dilakukan si desainer yang prihatin dengan terbuangnya USD2,8 miliar atau Rp34 triliun (kurs Rp12.170 per USD) hanya untuk pencahayaan saja. Pencahayaan yang terbuang itu melepaskan lebih dari 14 juta ton karbon dioksida ke atmosfer tiap tahunnya, atau setara dengan 2,5 juta mobil. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa membiarkan lampu menyala pada saat tidak digunakan akan memberikan dampak luar biasa terhadap tagihan listrik.

Dan yang lebih mengejutkan, hampir 40 persen emisi karbon dioksida di dunia disebabkan oleh penggunaan listrik. Hal ini memancarkan lebih dari 14 juta ton karbon dioksida ke atmosfer setiap tahun - kira-kira setara dengan 2,5 juta mobil, membuktikan bahwa meninggalkan lampu pada memiliki dampak luar tagihan listrik yang lebih tinggi.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini