Share

Menteri Dilantik Jadi Anggota DPR, Siapa Penggantinya?

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Rabu 01 Oktober 2014 19:59 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 01 20 1047046 BpSg4dLEoj.jpg Menteri Dilantik Jadi Anggota DPR, Siapa Penggantinya?
A A A

JAKARTA - Beberapa menteri pemerintahan Presiden SBY yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2014-2019. Lalu siapa yang akan mengisi kekosongan menteri tersebut?

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) mengungkapkan, untuk mengisi kekosongan kursi menteri tersebut, sudah ada keputusan presiden (Keppres) yang di mana ada beberapa akan menjadi menteri ad interim.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Sudah ada keppres mengenai ad interim," ucap CT sapaan akrab dirinya di kantornya, Jakarta, Rabu (1/10/2014) malam.

CT menambahkan, dirinya saat ini juga menjabat sebagai Menteri Kehutanan ad interim. Sebelumnya CT juga menjabat sebagai Menteri ESDM ad interim.

"Untuk Menko Perekonomian sudah merangkap jadi Menteri ESDM dan Kehutanan," papar CT.

Selanjutnya, ada juga jabatan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (menkop-ukm) yang dijabat oleh Syarif Hasan, akan dirangkap oleh Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Selain itu jabatan Menteri Pemberdayaan Daerah Tertinggal yang dijabat oleh Helmy Faishal Zaini akan dirangkap oleh Menteri Bappenas Armida Alisjahbana.

Selanjutnya, Menteri Perhubungan yang dijabat oleh E. E. Mangindaan akan dirangkap oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono sebagai Menteri Perhubungan ad interim, dan jabatan Menteri Komunikasi dan Informasi yang dijabat oleh Tifatul Sembiring, dirangkap oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto.

"Lalu ada jabatan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (yang dijabat oleh Muhaimin Iskandar) lupa dirangkap siapa," sebutnya.

CT optimistis, jabatan menteri yang dirangkap oleh beberapa menteri itu bisa berjalan efektif. "Efektif segala sesuatunya. Harus bisa berjalan sampai 20 Oktober 2014," pungkasnya.

Seperti yang diketahui, ada tujuh menteri yang terpilih menjadi anggota parlemen. Mereka adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hassan, Menteri Perhutanan Zulkifli Hasan, Menteri Perhubungan E. E. Mangindaan, Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal,Helmy Faishal Zaini, serta Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar. Mereka akan dilantik sebagai anggota parlemen tanggal 1 Oktober 2014. (rzk)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini