Share

UI Gandeng Polisi Berantas Narkoba di Kampus

Marieska Harya Virdhani , Okezone · Rabu 01 Oktober 2014 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 01 373 1046907 mqpoT8VpYm.jpg Universitas Indonesia menggandeng pihak kepolisian dalam memberantas narkoba di lingkungan kampus.
A A A

DEPOK - Universitas Indonesia (UI) menggandeng pihak kepolisian dalam memberantas narkoba di lingkungan kampus. Ini merupakan langkah antisipasi peredaran narkoba di kampus, seperti yang terjadi di Universitas Nasional (Unas) beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Rektor UI Muhammad Anis menegaskan, kerjasama ini bukan respons atas temuan 18 kg ganja di gerbang UI, kemarin. Kerjasama itu dilakukan karena narkoba sangat berbahaya bagi generasi muda.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca: 18 Bungkus Ganja Teronggok di Gerbang UI

"Kerja sama ini sudah sering dilakukan. Bahkan kami bekerjasama dengan BNN dan Kemenpora. Jadi bukan karena ditemukannya ganja 18 kg di luar gerbang utama UI," kata Rektor UI, Muhammad Anis, Rabu (1/10/2014).

Menurut Anis, Polresta Depok tidak akan melakukan razia narkoba kepada mahasiswa UI. Sebab hal itu bukanlah kewenangan mereka. Sebagai lembaga pendidikan, UI-lah yang berhak melakukan razia terhadap mahasiswanya.

Anis menambahkan, UI mendukung upaya pemberantasan narkoba, namun tidak dengan melakukan razia di kampus UI. "Saat ini kampus UI dan mahasiswanya belum tercemar narkoba. Peristiwa ditemukannya 18 kg ganja itu heboh karena kurirnya melalui kampus UI. Jika kurir itu ditangkap sebelum masuk UI mungkin ceritanya akan beda," paparnya.

Sementara itu, Kapolresta Depok, Kombes Pol Ahmad Subarkah menyatakan bahwa Polresta Depok akan mengantisipasi peredaran narkoba di kampus. Sebab UI paling strategis menjadi ruang lintas wilayah bagi masyarakat, tak terkecuali pengedar narkoba.

"Kami sudah berkoordinasi dengan UI untuk memeriksa mahasiswa. Dalam waktu dekat razia narkoba akan dilakukan," tandasnya.

Baca: UI Rawan Jadi Tempat Lintasan Kurir Narkoba

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini