Share

Warga Humbahas Gelar Pesta Kopi Rakyat

Erie Prasetyo, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 01 408 1046831 z81mAIpjEG.jpg Warga Humbahas Gelar Pesta Kopi Rakyat (Foto:Erie Prasetyo)

HUMBANG HASUNDUTAN - Komoditas kopi merupakan salah satu produk pertanian masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Diperkirakan 70 persen masyarakat berprofesi petani kopi.

Tak salah, Humbahas menjadi salah satu kabupaten penghasil komoditas kopi terbesar di Indonesia. Dari 10 Kecamatan di Kabupaten Humbahas, salah satu kecamatan yang mayoritas masyarakatnya petani kopi, yakni Kecamatan Dolok Sanggul dan Kecamatan Lintong.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bertepatan dengan hari kopi Internasional, Komunitas Peduli Hutan Sumatera Utara (KPHSU) bersama masyarakat Humbahas menggelar  Pesta Kopi Rakyat di lapangan sekolah milik yayasan Studiesfonds Sro di Desa Matiti I, Kecamatan Dolok Sanggul.

"Kegiatan ini memperingati hari kopi sedunia. Kami berharap melalui pesta ini, Kopi Dolok Sanggul meningkat demi kesejahteraan masyarakat," ujar Sekjen KPHSU Jimmy Panjaitan.

Jimmy mengatakan, event pesta kopi digelar merupakan event pertama yang dilaksanakan. Event yang diharapkan menjadi stimulus bagi petani kopi memanfaatkan kesempatan besarnya kebutuhan atas kopi.

"Petani kopi tetaplah menjadi petani, membangun kebersamaan petani, bahwa kita punya komoditi unggulan bahkan sampai ke luar negeri, apalagi kopi berada di nomor dua perdagangan dunia, dan ini kesempatan kita," ujar Jimmy.

Pesta Kopi Rakyat berlangsung seharian penuh. Berbagai event dilaksanakan dengan mengangkat tema-tema kopi. Diantaranya, lomba menggambar SD, lomba menulis SMA bertema Kopi, dan lomba membuat kue berbahan dasar Kopi, Lomba petani kopi terbaik dan berbagai hiburan lainnya yang mengangkat tema kopi.

"Kami menggelar pesta kopi ini agar petani kopi di daerah ini bertambah semangat dalam mengelola kebun kopi dan juga memberikan hiburan bagi masyarakat," tambahnya.

Jimmy mengungkapkan, walaupun kopi yang dihasilkan dari kabupaten Humbahas cukup banyak dan unggul, namun peran pemerintah dalam memberdayakan petani kopi masih minim.

"Peran pemkab Humbahas dalam memberdayakan petani kopi sedikit. Padahal, petani kopi butuh pendampingan dan bantuan agar hasil kebun kopi rakyat bisa optimal," pungkasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini