Share

Malaysia Tolak Kembalikan Emas

Putri Utami, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 01 43 1046959 9ObbqWnUmm.jpg Tai Cheau Xuen yang enggan merelakan emasnya (Foto: Sindo)
A A A

KUALA LUMPUR - Ketua Kontingan Malaysia, Danyak Balagopal bersikeras takkan mengembalikan medali emas yang sudah diraih atlet wushu mereka, Tai Cheau Xuen. Cheau Xuen positif menggunakan doping dan dinyatakan didiskualifikasi dari Asian Games.

Delegasi Malaysia merasa atletnya tidak menggunakan doping, lantaran pemeriksaan yang berlangsung lama membuat tim Harimau Malaya yakin tes itu tertukar dengan lima sampel lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Delegasi Malaysia akan membawa kasus ini ke ranah hukum dengan mengajukan banding ke Mahkamah Arbitrase Olahraga untuk mengadukan prosedur tes doping. Mahkamah ini sudah membuat unit khusus di Asian Games Korea Selatan guna menangani kasus doping yang menimpa sang atlet.

"Mengapa kami harus mengembalikan emas? Kami biasanya mengetahui hasilnya segera setelah dibawa ke laboratorium. Pada hari ketika urin itu dibawa dari Tai, ada lima sampel yang ditempatkan bersamaan. Ada kemungkinan itu tertukar secara tidak sengaja. Mengapa kami harus mengembalikan medali emas ini?" kata Danyal, dilansir Antara, Rabu (1/10/2014).

Ramlan Aziz, direktur jenderal Lembaga Olah Raga Nasional juga yakin Cheau Xuen tidak bersalah, "Saya meyakinkan Tai bahwa dia tidak berbuat salah. Dia membantah keras mengetahui membawa obat-obatan atau substansi-substansi ilegal."

Ayahanda Xuen,  T.W. Tai (55) menilai putrinya itu tidak akan mengonsumsi obat perangsang demi meningkatkan kesempatannya untuk menang.

(FAP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini