Share

Lepas Tower, Operator Telekomunikasi Makin Efisien

Widi Agustian , Okezone · Kamis 02 Oktober 2014 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 02 278 1047183 r9JMtC3IU1.jpg Lepas Tower, Operator Telekomunikasi Makin Efisien. (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA – Langkah sejumlah operator telekomunikasi melepas menaranya ke penyedia menara (tower) dinilai positif. Pasalnya, jhal ini akan menimbulkan efisiensi dan menekan beban operasional.

“Melepas menara bagi operator bisa menghadirkan efisiensi. Soalnya biaya membangun, mengoperasikan, hingga memeliharanya itu lumayan besar. Jika dijual ke penyedia menara dan disewa kembali itu lebih menguntungkan,” ungkap Analis dari Woori Korindo Securities Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurutnya, dengan melepas menara yang dimilikinya operator bisa menjadi fokus dalam menyelenggarakan jasa serta bisa lebih kompetitif. “Sekarang eranya layanan data dan masih bermain tarif. Margin bisa tergerus jika beban operasional terlalu besar,” katanya.

Tak hanya menghadirkan efisiensi, pelepasan menara juga dinilai bisa membantu kinerja keuangan operator terutama dana segar yang dihasilkan bisa untuk mengurangi hutang atau menopang ekspansi.

“Menara ini bisnisnya mengikuti operator. Bagi penyedia menara jika operator terus tumbuh, mereka akan merasakan dampaknya. Jadi, keduanya (penyedia menara dan operator) sama-sama diuntungkan dengan aksi pelepasan aset itu,” tutupnya.

Sebelumnya, PT Axiata Tbk (EXCL) melepas 3.500 menara ke PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) dengan nilai Rp5,6 triliun. Pembayaran transaksi seluruhnya dalam bentuk tunai.  XL dan Solusi Tunas Pratama juga menandatangani Perjanjian Induk Sewa Menara dimana XL telah setuju untuk menyewa kembali menara yang telah dijual kepada Solusi Tunas Pratama untuk jangka waktu 10 tahun.

Aksi lepas menara oleh XL ini mengikuti jejak operator lainnya seperti Indosat, Bakrie Telecom, Tri Indonesia, dan lainnya. Saat ini hanya Telkom yang belum melepas bisnis menara yang dikelola Telkomsel atau anak usahanya Mitratel.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini